Selasa 23 Nov 2021 19:15 WIB

SMP Muhdasa Gelar Lomba Literasi Nasional

Perlombaan digelar agar terbentuknya peserta didik sebagai insan yang literat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
SMP Muhdasa Gelar Lomba Literasi Nasional
Foto: istimewa
SMP Muhdasa Gelar Lomba Literasi Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa) menggelar lomba literasi tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong milad ke-44 SMP Muhdasa.

Kepala Sekolah SMP Muhdasa, Esti Priyantini mengatakan, ada beberapa jenis lomba yang digelar yakni membaca puisi, bertutur atau mendongeng dan mengarang cerita. Lomba literasi nasional digelar dengan mengangkat tema 'Literasi Komunikasi untuk Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia'.

"Di sini adik-adik jenjang SD kelas 4–6 bisa berpartisipasi dalam perlombaan Gebyar Milad SMP Muhdasa Yogyakarta," kata Esti dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (23/11).

Esti mengatakan, perlombaan yang digelar bertujuan agar terbentuknya peserta didik sebagai insan yang literat yang menjadi bagian dari masyarakat membaca dan menulis. Hal ini, katanya, menjadi ciri dari masyarakat belajar dan berpengetahuan.

Menurut Esti, sekolah menjadi miniatur budaya dan laboratorium kehidupan yang dapat menyelenggarakan kegiatan lomba literasi. Melalui perlombaan yang digelar, dinilai dapat menanamkan kebanggaan kepada peserta didik terhadap seni dan budaya.

"Diharapkan dapat berimplikasi positif pada pengembangan literasi, penguatan karakter, pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah," ujar Esti.

Selain itu, menurut Esti, lomba literasi nasional ini juga dapat dijadikan sebagai momen untuk memperkuat kebersamaan sebagai ujung tombak mencerdaskan generasi penerus bangsa. Dengan begitu, dapat mencetak generasi yang berprestasi, terampil dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Banyak tantangan dalam mengupayakan pendidikan terbaik untuk putra-putri kita. Berbagai ujian yang menghadang telah kita lalui bersama, termasuk pandemi Covid-19 yang begitu dahsyat mengubah alur pendidikan kita saat ini," jelasnya.

Esti menjelaskan, pendaftaran dan pengumpulan karya sendiri sudah dibuka sejak 10 November 2021 lalu dan berakhir hingga 15 Desember nanti. Total hadiah yang diraih mencapai Rp 15 juta dan seluruh peserta lomba akan mendapatkan e-sertifikat.

Peserta yang akan mengikuti perlombaan dapat mengisi formulir di http://bit.ly/daftarmust1. Sedangkan, untuk karya yang akan dikirimkan dapat melalui https://bit.ly/kmplombamust1.

"Peserta lomba bisa mengunjungi link petunjuk teknis perlombaan https://bit.ly/petunjuklombamust supaya bisa mengetahui detail informasi perlombaan," kata Esti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement