Jumat 26 Nov 2021 16:30 WIB

Jelang Pilkades, Pemkab Malang Minta Panitia Jujur dan Adil

Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jelang Pilkades, Pemkab Malang Minta Panitia Jujur dan Adil (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Jelang Pilkades, Pemkab Malang Minta Panitia Jujur dan Adil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Kabupaten Malang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 5 Desember mendatang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang pun meminta panitia melaksanakan tugasnya dengan jujur dan adil.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menyatakan, Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa yang menjadi sebuah kegiatan rutinitas. Dalam hal ini kegiatan untuk memilih kepala desa yang bersifat langsung dan umum. "Juga bebas, rahasia, jujur serta adil,” ucap Didik di Malang, Jumat (26/11).

Dengan adanya pelaksanaan ini, Didik berharap, panitia melakukan tahapan-tahapan dengan benar setiap kali berkegiatan. Kemudian menyiapkan berita acara serta harus ditandatangani oleh seluruh para calon kepala desa. Cara ini akan mengurangi pemicu masalah-masalah yang tidak diinginkan selama Pilkades 2021.

Didik juga mengimbau seluruh masyarakat dan semua unsur yang terlibat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Malang. Kegiatan ini harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, aman dan tertib. Kemudian wajib dilakukan secara demokratis dan bermartabat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Untuk para calon kepala desa, Didik meminta mereka agar mempersiapkan diri. Dengan kata lain, harus siap menang maupun kalah dalam berkompetisi. "Oleh karena itu marilah berkompetisi dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, sportivitas dengan mengedepankan sikap santun serta damai," jelasnya.

Pesan serupa juga ditunjukkan kepada Muspika setempat. Muspika diharapkan selama proses pelaksanaan Pilkades untuk siap siaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dia ingin setelah kegiatan Pilkades selesai tetap terjalin sebuah kedamaian.

Sementara itu, Kapolres Malang Kapolres Malang, AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah, menyampaikan kepada para calon kepala desa agar dapat melakukan kegiatan Pilkades secara sportif dan positif. Hal ini penting dilakukan agar kegiatan Pilkades bisa berjalan dengan lancar. Kemudian kegiatan juga diharapkan berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun.

Bagoes bersama pimpinan daerah sepakat untuk memantau secara langsung pelaksanaan Pilkades. "Dan diharapkan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan menimbulkan stigma negatif pada saat pemilihan kepala desa," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement