Senin 29 Nov 2021 16:11 WIB

UGM Juara Umum Kompetisi Satria Data 2021

Komastagama memiliki tantangan untuk berani mengambil peluang menjadi juara.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Komunitas Komastagama Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menyabet gelar juara umum dalam kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2021. Capaian juara umum diraih UGM usai mengantongi sederet juara dari empat kategori lomba.

Ada Juara I Kategori Statistic Infographic Competition, Juara II Kategori Statistic Infographic Competition dan Juara II Kategori National Statistic Competition. Lalu, Best Presentation kategori Statistics Essay Competition.

Kemudian, ada Best Creativity kategori Statistics Essay Competition, Master of Analysis kategori National Statistic Competition dan Most Scalable Algorithm kategori Big Data Challenge. Komastagama sendiri baru diresmikan tahun ini.

"Komastagama memiliki tantangan untuk berani mengambil peluang menjadi juara. Berkat usaha dan kerja keras tim akhirnya mampu menghantarkan Komastagama jadi juara umum Satria Data 2021," kata Ketua Komastagama, Meisal, Senin (29/11).

Ia menuturkan, dalam kategori NSC peserta-peserta diminta memecahkan permasalahan statistika secara luas dan menganalisis data dengan cermat. Sehingga, dapat memberi solusi tepat bagi permasalahan yang diberikan.

Sedangkan, dalam kategori SEC peserta ditantang menuliskan ide-ide kreatif mereka dalam karya tulis berbentuk esai terkait bidang ilmu statistika dan sains data dalam aspek-aspek lain. Sedangkan, ada perbedaan di kategori SIC.

Sebab, peserta-peserta diminta untuk mengubah informasi-informasi yang ada dalam topik yang telah disediakan, menjadi suatu infografis menarik dan komprehensif. Sedangkan, untuk BDC mewajibkan membuat solusi masalah nyata secara analitika.

Masalah yang digunakan dalam kompetisi merupakan masalah bisnis, operasional atau strategik yang dihadapi. Satria Data merupakan kompetisi tahunan berskala nasional yang didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tujuannya, meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam statistika dan sains data. Melombakan National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC).

"Secara keseluruhan Satria Data diharapkan bisa melihat dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang statistika, sains data serta penerapannya," ujar Meisal.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement