Rabu 15 Dec 2021 09:48 WIB

Ini Lima Cara Alami Tuntaskan Jerawat di Wajah

Cara-cara ini dinilai lebih hemat untuk mendapatkan efek sesuai untuk wajah.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Jerawat di wajah.
Foto: Pixabay/Kjerstin Michaela
Jerawat di wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jerawat termasuk persoalan wajah yang hampir sebagian besar dialami masyarakat. Sebab itu, hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut selalu rutin dicari di berbagai lini massa. Dalam hal ini, baik itu faktor penyebab maupun solusi menghilangkannya.

Untuk bisa menghilangkan jerawat, Republika.co.id mencoba menghadirkan lima cara alami untuk menuntaskan masalah tersebut. Sebagaimana dikutip dari lifehack.org pada Rabu (15/12), cara-cara ini dinilai lebih hemat untuk mendapatkan efek sesuai untuk wajah. Berikut ini lima cara alami menuntaskan jerawat bandel di wajah.

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya terbukti bisa menenangkan jerawat yang membengkak di wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa menurunkan tingkat inflamasi pada jerawat. Bahkan, juga bisa membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Untuk bisa menggunakannya, cukup mengambil satu buah lidah buaya untuk kemudian dibuang kulitnya. Lalu potong kotak-kotak bagian daging lidah buaya tersebut untuk disimpan di mangkuk bersih. Setelah itu, cobalah memblender lidah buaya tersebut hingga halus. Sebelum menggunakannya di wajah, alangkah baiknya disimpan di lemari es hingga dingin.

2. Pasta gigi

Pembaca Republika.co.id tentu sudah tidak asing lagi dengan pasta gigi. Selain digunakan untuk membersihkan gigi, bahan ini juga dikenal bisa meredakan jerawat di wajah, lho. Kandungan silika pada pasta gigi dinilai bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

Sebab itu, pasta gigi diklaim bisa mengeringkan dan mengurangi ukuran jerawat. Untuk bisa menggunakannya, teman-teman cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berjerawat di malam hari lalu dibersihkan saat bangun di pagi hari.

3. Masker madu

Madu memang sudah dikenal banyak bisa membantu mengurangi jerawat di wajah. Tak jarang, banyak produk-produk kecantikan menggunakan bahan tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain bisa mengurangi jerawat, efek lengket pada madu juga bisa menghilangkan kotoran berlebih di wajah.

Nah, untuk bisa menggunakan madu, cukup campurkan dua sendok makan madu alami dan satu sendok teh kayu manis. Sebelum menggunakannya sebagai masker untuk semalaman, jangan lupa cuci bersih dan keringkan wajah, ya!

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan tinggi, anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Sebab itu, bawang putih juga cocok untuk memerangi wajah yang membandel di wajah.

Untuk bisa menggunakan bawang putih, teman-teman cukup mengambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas. Lalu gosokkan ke area jerawat selama beberapa kali dalam sehari. Namun jika kulitnya sensitif, teman-teman lebih baik menghaluskan bawang putih dan dicampur air terlebih dahulu, ya.

5. Timun

Selain enak untuk dikonsumsi, timun juga bisa membantu menghilangkan jerawat, lho. Untuk bisa mengurangi kemerahan dan menghilangkan jerawat, cukup sediakan satu timun yang sudah dibuang kulitnya. Potong ke dalam beberapa bagian lalu diblender sampai halus.

Campur dengan dua sendok makan gel lidah buaya dan setengah sendok teh jus lemon segar. Oleskan bahan-bahan tersebut ke wajah lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement