REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Bank Mandiri terus melanjutkan transformasi digital sebagai strategi utama dalam mendorong bisnis berkelanjutan. Transformasi digital ini dilakukan dengan peluncuran Super App Livin' by Mandiri.
Bank ini juga sudah merilis Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri. Layanan ini memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.
Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengatakan, dengan adanya transformasi ini, katanya, mendorong transaksi nasabah ke platform digital. Untuk nasabah ritel, total transaksi di Bank Mandiri yang beralih ke digital hingga September 2021 mencapai 98,6 persen.
Ia menjelaskan, total transaksi finansial Livin' by Mandiri hingga November 2021 menembus lebih dari Rp 1.500 triliun. Total pengunduh aplikasi ini sudah mencapai lebih dari sembilan juta pengguna.
Sedangkan, transaksi wholesale Bank Mandiri hampir menyentuh Rp 11.000 triliun per akhir November. "Bank Mandiri secara aktif telah melakukan transformasi mandiri digital agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan transaksi nasabah baik ritel maupun wholesale," kata Rudi di Six Senses, Yogyakarta, Kamis (16/12).
Rudi menjelaskan, dalam aplikasi Livin' by Mandiri menghadirkan customer experience layaknya layanan cabang dalam genggaman. Bahkan, fitur terbarunya juga memungkinkan nasabah mengelola rekening dengan mudah melalui kolaborasi ekosistem Bank Mandiri.
"Selain sebagai Super Apps Livin’ by Mandiri juga memiliki beragam fitur untuk mempermudah transaksi nasabah yaitu buka rekening hanya lima menit menggunakan liveness dan face recognition yang terkoneksi langsung ke Dukcapil secara cepat dan aman," ujar Rudi.
Selain itu, Livin' by Mandiri juga menyediakan fitur multiple token cardless withdrawal. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim uang tunai ke banyak tujuan yang dapat ditarik di seluruh ATM berlogo Bank Mandiri.
Fitur smart top up e-wallet yang ada di Livin' by Mandiri, katanya, juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan top up saldo e-wallet secara otomatis sesuai preferensi nasabah. Bahkan, fitur smart payment juga memudahkan nasabah dalam membayar transaksi e-commerce dengan jumlah tagihan yang langsung muncul di Livin’ by Mandiri.
Pada Super Platform Kopra by Mandiri, lanjut Rudi, juga telah dilengkapi dengan layanan digital digital single access. Layanan ini menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale, berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir.
"Secara konsep, Financial Super App Livin’ dan Kopra by Mandiri sama-sama mengusung pendekatan comprehensive banking experience, dengan aneka fitur yang akan mendekatkan Bank Mandiri ke dalam ekosistem digital, serta memperkuat kolaborasi bersama Mandiri Group. Hal ini kami siapkan untuk membantu Bank Mandiri menjadi bank pilihan utama dan kepercayaan nasabah," jelasnya.