Rabu 29 Dec 2021 22:27 WIB

Ganjar Harap Bendungan Pidekso Jadi Pendongkrak Kemakmuran Wonogiri

Selain kendalikan banjir, Bendungan Pidekso juga untuk mengurangi sedimentasi sungai.

Bendungan (ILustrasi)
Foto: Google
Bendungan (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berharap Bendungan Pidekso yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo bisa menjadi pendongkrak kemakmuran bagi warga Kabupaten Wonogiri.

"Mari kita manfaatkan secara optimal, kita jaga dan semoga ini jadi pengungkit kemakmuran kita," kata Ganjar Pranowo usai mendampingi Presiden JokoWidodo(Jokowi) meresmikan Bendungan Pidekso.

Ganjar menjelaskan bahwa selain sebagai pengendali banjir, bendungan yang dibangun di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, ini juga berfungsi untuk mengurangi sedimentasi sungai.

Air yang tertampung di Bendungan Pidekso, juga bisa dimanfaatkan untuk pengairan 1.500 hektare lahan pertanian warga sekitar. "Selain itu, tempat ini juga bisa memenuhi ketersediaan air baku bagi masyarakat Wonogiri sebanyak 300 liter per detik, sedangkan manfaat lain adalah tempat ini bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik," ujarnya.

 

Terkait dengan hal itu, Ganjar meminta masyarakat Wonogiri untuk memanfaatkan secara optimal Bendungan Pidekso serta merawat berbagai infrastrukturnya itu dengan baik.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bendungan Pidekso juga mampu menyediakan air baku sebesar 300 liter/detik dan dapat mereduksi banjir sebesar 322,60 meter kubik/detik.

Pemenuhan kebutuhan air tersebut dapat dipenuhi dari tampungan Bendungan Pidekso sebesar 25 juta meter kubik yang berada di area genangan seluas 232 hektare.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement