Rabu 12 Jan 2022 23:21 WIB

Sidoarjo Mulai Suntikkan Vaksin Penguat Gratis kepada Lansia

Pemberian vaksin penguat pertama hanya disediakan untuk 100 orang lansia.

Sidoarjo Mulai Suntikkan Vaksin Penguat Gratis kepada Lansia (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sidoarjo Mulai Suntikkan Vaksin Penguat Gratis kepada Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mulai menyuntikkan vaksin penguat secara gratis kepada masyarakat, salah satunya yang sudah lanjut usia.

Vaksinasi penguat pertama di Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan di Puskesmas Sekardangan,yang diprioritaskan untuk kelompok lansia atau yang berumur 60 tahun ke atas. "Selain itu untuk vaksin penguat Moderna kaum lansia ini kami berikan setengah dosis untuk mengurangi risiko KIPI(kejadian ikutan pasca-imunisasi)," kata Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr Syaf Satriawarman, di sela peninjauan vaksinasi di Puskesmas Sekardangan, Sidoarjo, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga

Menurutnya, pemberian vaksin penguat pertama hanya disediakan untuk 100 orang lansia dan selanjutnya akan dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo, sambil menunggu pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Ia mengatakan, berbeda dengan vaksinasi dosis kedua yang harus sama dengan dosis pertama, vaksin penguat justru diberikan jenis yang berbeda, dengan tujuan untuk membentuk antibodi setelah enam bulan menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua.

 

Selain lansia, lanjut dia, nantinya akan dilanjutkan pemberian vaksin penguat kepada mereka yang berkegiatan di pelayanan publik. "Kami meminta masyarakat bersabar karena nantinya akan kebagian semua untuk kuota vaksin penguat. Vaksinasi jenis penguat ini disediakan lima jenis vaksin, yaknisinovac, astrazeneca, moderna, pfiezer, dan sinopharm," ujarnya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement