Rabu 02 Feb 2022 09:04 WIB

Lima Hal Ini Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Kelahiran Bayi

Orang tua menyiapkan sejumlah hal agar proses pengasuhan berjalan baik.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Bayi yang baru lahir (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bayi yang baru lahir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -– Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang tua. Apalagi untuk pasangan suami-istri yang telah mendambakan kelahiran anak.

Namun sebelum ‘Si Malaikat Kecil’ lahir, ada baiknya orang tua menyiapkan sejumlah hal agar proses pengasuhan berjalan baik.

Esti Utami dalam buku The Happiest Mommy: Kenali Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun memaparkan lima persiapan dalam menyambut kelahiran bayi. Berikut ini penjelasan keempat aspek persiapan tersebut :

Persiapan tempat tidur bayi

Kasur yang digunakan harus sesuai dengan ukuran tempat bayi. Pilih kasur yang tidak terlalu tebal, tetapi tidak terlalu tipis. Kemudian juga siapkan kasur dengan lapisan bahan tertentu yang mampu menyerap air kencing, jamur, dan antitungau sehingga bayi merasa aman dan  nyaman.

Persiapan pakaian bayi

Orang tua bisa menyiapkan baju yang cukup karena bayi akan sering ganti pakaian. Setidaknya siapkan dua lusin pakaian termasuk baju dan celana. Pilihlah baju yang bisa menahan panas dan dingin serta menyerap air seperti kain tetra atau flanel agar bayi aman dan nyaman.

Persiapan peralatan mandi bayi

Bayi sangat rentan terhadap kuman yang menyebabkan penyakit. Sebab itu, waktu mandi menjadi momen tepat yang harus dimanfaatkan orang tua untuk membersihkan bayi sebaik mungkin.

Gunakan perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo khusus bayi. Setelah mandi, gunakan minyak telon, losion, bedak dan parfum bayi agar tetap segar.

Persiapan kereta dorong bayi

Kereta dorong bayi atau stroller sangat bermanfaat saat bayi sudah bisa diajak melihat dunia luar. Bayi membutuhkan suasana baru dan dikenalkan dengan lingkungannya.

Ajaklah bayi berjalan-jalan menggunakan stroller setidaknya berkeliling di lingkungan rumah. Untuk memudahkan saat mendorong, pilihlah stroller yang tidak terlalu berat sehingga orang tua tidak merasa kesulitan.

Persiapan popok bayi

Bayi akan sering mengompol dan buang air besar kapan pun dan di mana pun. Oleh karena itu, orang tua harus menyediakan popok bayi yang cukup. Popok bayi terdiri atas dua jenis, yakni popok sekali pakai dan pokok kain.

Jika hanya di rumah, cukup gunakan popok kain yang dapat dicuci. Selain lebih tipis, popok kain bisa membuat orang tua lebih hemat.

Namun jika akan membawa bayi bepergian, alangkah baiknya gunakan popok sekali pakai atau popok jenis clodi supaya orang tua tidak kerepotan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement