REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Teman-teman Republika.co.id, apa sedang belajar bahasa Korea? Untuk bisa menguasai bahasa tersebut, sebenarnya ada banyak hal yang perlu dikuasai agar teman-teman bisa lebih fasih.
Ahn Kyung Hwa dkk dalam buku Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia memaparkan empat tata bahasa yang perlu teman-teman kuasai saat mempelajari bahasa Korea. Berikut ini penjelasan dan contoh dari keempat tata bahasa tersebut :
1. Akhiran kalimat –ㅂ/습니다 (-b,p/seumnida)
Akhiran kalimat yang dilekatkan pada bentuk kata kerja atau kata sifat, yang menyatakan pikiran pembicara atau sebuah kenyataan serta meninggikan atau menghormati pendengarnya.
Misalnya:
유진 씨가 잠니다 (Yujin ssi-ga jamnida) : Yujin tidur.
가방이 작습니다 (kabang-i jakseumnida) : Tas kecil.
2. Akhiran kalimat interogatif –ㅂ/습니까 (b,p/seumni-kka)
Bentuk ini adalah bentuk interogatif dari –ㅂ/습니다 (-b,p/seumnida). –ㅂ/니까 (-p,b/ni-kka) digunakan apabila bentuk dasar diakhiri dengan vokal sedangkan -ㅂ/습니까 (b,p/seumni-kka) dipakai apabila bentuk dasar diakhiri dengan konsonan.
Misalnya:
a. 지원 씨가 일함니까? (Jiwon ssi-ga ilhamni-kka?) : Apakah Jiwon bekerja?
네, 지원 씨가 일함니다. (Ne, Jiwon ssi-ga ilhaminda) : Ya, Jiwon bekerja.
b. 가방이 급니까? (kabang-i keupni-kka?) : Apakah tasnya besar?
아니요, 가방이 작습니다 (aniyo, kabang-i jakseumnida) : Tidak, tasnya kecil.
3. Partikel 을/를 (eul/reul)
Partikel ini dilekatkan pada kata benda untuk menunjukkan objek dari kalimat. 을 digunakan apabila kata benda berakhir konsonan. Sementara itu, 를 dipakai apabila kata benda diakhiri vokal.
Misalnya:
지원 씨가 빵을 먹습니다 (Jiwon ssi-ga ppangeul mokseumnida) : Jiwon makan roti
준영 씨가 친구를 만남니다 (Junyeong ssi-ga chingureul mannamnida) : Junyeong bertemu teman
4. Partikel 에서 (eseo)
Partikel ini diletakkan pada kata benda untuk menunjukkan tempat sebuah kegiatan terjadi.
Misalnya:
지원 씨가 집에서 쉽니다 (Jiwon ssi-ga jib-eseo swipnida) : Jiwon beristirahat di rumah.
수빈 씨가 은행에서 일합니다 (Subin ssi-ga eunhaeng-eseo ilhamnida) : Subin bekerja di bank.