Senin 07 Feb 2022 09:02 WIB

Tertarik Kuliah di Korea? Ini Lima Universitas Terbaik di Negeri Ginseng

Korea Selatan memiliki nilai baik dalam dunia pendidikannya .

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Seoul National University (SNU).
Foto: en.snu.ac.kr
Kampus Seoul National University (SNU).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -– Korea Selatan tidak hanya unggul di dunia hiburan dan pariwisatanya, loh. ‘Negeri Ginseng’ tersebut juga memiliki nilai baik dalam dunia pendidikannya .

Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2008 mengungkapkan, Korea Selatan menempati peringkat ketujuh. Perolehan skor pada kompetensi membaca, matematika, dan sains dengan nilai masing-masing yaitu 514, 526, dan 519.

Sementara itu, perolehan skor PISA milik Indonesia secara berturut-turut untuk membaca, matematika, dan sains adalah 371, 379, dan 396. Hal ini berarti Indonesia hanya mampu menempati peringkat ke-74 dari 79 negara.

Berdasarkan capaian tersebut, apa teman-teman tertarik untuk kuliah di Korea? Jika tertarik, platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum lima universitas terbaik yang dilansir dari Times Higher Education World University Rankings pada 2022.

Berikut ini penjelasan dari lima universitas terbaik di Korea Selatan tersebut, berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (7/2/2022) :

Seoul National University (SNU)

SNU merupakan universitas paling bergengsi dan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Letaknya yang strategis serta banyaknya kerja sama yang dimiliki dalam tingkat internasional menjadikan SNU menarik perhatian banyak orang.

Universitas ini memiliki 16 perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan 10 sekolah pascasarjana professional. Kampus ini menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD. Jaringan alumni SNU dikenal sebagai yang terkuat di Korea Selatan sehingga akan memudahkan perjalanan karir alumni ke depannya.

 

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST termasuk universitas pertama yang berfokus pada sains dan teknologi. Hal ini karena pendiriannya disebutkan sebagai “pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi”.

Menariknya, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes. Kampus ini menerima mahasiswa berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi. Teman-teman juga tidak perlu khawatir, karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST mennggunakan dalam bahasa Inggris.

Universitas yang berada di pusat kota Daejeon ini telah menghasilkan berbagai penemuan dalam hal teknologi. Bahkan, kampus ini sudah berhasil memproduksi berbagai barang elektronik yang didesain oleh alumni dari KAIST.

 

Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua kampus. Kampus pertama berada di Seoul dan diperuntukkan untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Sementara itu, kampus kedua terletak di Suwon dan diperuntukkan untuk Ilmu Sains.

Sebagai universitas tertua yang telah berdiri sejak era Dinasti Joseon, SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal. Beberapa di antaranya seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

 

Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai negara membuat Yonsei mengadakan tiga program khusus yang bisa dipilih oleh para mahasiswa internasional. Tiga program tersebut antara lain Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei.

Selain itu, Universitas Yonsei juga mempunyai lebih dari 100 klub bagi mahasiswa, atau di Indonesia disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satu tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari universitas ini adalah pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young.

 

Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST termasuk salah satu universitas yang sangat muda karena baru diresmikan pada 2019. Kampus ini terletak di pusat industri Korea Selatan, Ulsan.

Penelitian yang dilakukan oleh UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi. Kelas terbanyak yang dimiliki universitas ini antara lain teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya.

Uniknya, seluruh kelas di kampus ini menggunakan bahasa Inggris sehingga UNIST menjadi satu-satunya universitas yang menerapkan bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement