Selasa 08 Feb 2022 19:22 WIB

Outsourcing ke Filipina Dinilai Jadi Pilihan Logis Pengusaha Bootstrap

Outsourcing memungkinkan pemilik bisnis untuk menguji model bisnis yang berbeda

Outsourcing (ilustrasi)
Outsourcing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pengusaha Bootstrap, menyeimbangkan kebutuhan untuk mengisi peran yang berbeda bersama dengan menahan biaya bisa menjadi tantangan besar. Baik itu pengalaman pelanggan (CX), SDM, TI, pemasaran, penjualan, R&D, atau akuntansi dan penggajian, banyak proses bisnis yang diperlukan untuk meluncurkan dan menumbuhkan organisasi yang dapat dengan cepat menghabiskan bahkan putaran pendanaan terbesar. 

Untuk founder yang sadar biaya tetapi berorientasi pada pertumbuhan, solusi terbaik adalah melakukan outsourcing ke Filipina. "Manfaat yang paling jelas adalah potensi penghematan biaya staf. Dari call center hingga dukungan teknis dan banyak lagi, Filipina telah membangun tenaga kerja kelas dunia dengan tarif rata-rata per jam untuk agen BPO premium adalah 14 dolar AS per jam. Jika dibandingkan dengan 28 dolar AS per jam untuk peran serupa di AS, wirausahawan yang cerdas dapat mewujudkan penghematan 50 persen langsung dengan bermitra di luar negeri dengan jenis vendor premium yang sama dengan perusahaan multi-nasional seperti Amazon, Google, Alibaba, Slack, dan GitHub bekerja sama," kata CEO PITON-Global, Ralf Ellspermann, dalam siaran pers, Selasa (8/2/2022).

Jika tidak yakin layanan atau peran apa yang dicakup, outsourcing memungkinkan pemilik bisnis untuk menguji model bisnis yang berbeda sebelum melakukan kerja sama. "Sekarang pertimbangkan manfaat bekerja dengan satu penyedia jasa dari luar daripada mempekerjakan banyak kontraktor di dalam negeri atau mempekerjakan karyawan penuh waktu di berbagai geografi atau zona waktu. Memiliki satu hubungan akan mengurangi risiko dan memastikan tidak ada kemungkinan upaya yang tidak terkoordinasi yang mana merupakan masalah umum saat bekerja dengan banyak vendor," kata Ellspermann melanjutkan.

Banyak bisnis mulai mempertimbangkan outsourcing sebagai pilihan setelah mereka mencapai tingkat pertumbuhan tertentu atau untuk menangani pekerjaan yang melimpah. Model yang lebih baik adalah bermitra dengan layanan outsourcing bisnis lebih awal dan menyerahkan pekerjaan khusus kepada spesialis. "Filipina memiliki tenaga kerja yang mengesankan dari 1,3 juta agen yang bekerja di berbagai peran khusus. Dan ini juga bukan hanya posisi entry-level; ribuan spesialis pendukung ini menerima pelatihan dan pendidikan khusus di bidang pilihan mereka, baik itu TI, akuntansi, pemasaran digital, atau penelitian dan pengembangan," kata Ellspermann.

 

Selain itu, pertimbangan fleksibilitas yang terkait dengan penggunaan penyedia BPO yang dialihdayakan. Misalnya, saat bisnis Anda tumbuh dan Anda mulai mengembangkan penawaran baru, mungkin ada kebutuhan untuk merekrut tenaga penjualan di setiap lokasi kantor baru.

Tergantung pada kotanya, peran itu bisa sangat mahal. Pada saat yang sama, operasi global Anda perlu ditingkatkan untuk memenuhi permintaan. Dan itu berarti mempekerjakan peran level-C seperti pengontrol, manajer, dan staf pendukung di berbagai departemen. Meskipun Anda dapat menangani peran ini secara internal dengan menambah staf tetap atau melalui pekerja jarak jauh di negara lain, ada manfaat luar biasa yang terkait dengan fleksibilitas. "Outsourcing memungkinkan Anda menjaga biaya tetap rendah dengan hanya membayar layanan yang dibutuhkan saat ini sekaligus memungkinkan pertumbuhan melalui penyedia yang dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Hal ini benar adanya jika Anda membutuhkan keterampilan atau keahlian khusus yang tidak Anda miliki di tim Anda," ujar Ellspermann.

Mitra BPO memiliki sumber daya dan infrastruktur untuk menyediakan akses ke layanan global di mana pun bisnis Anda berada. Dan karena mereka melayani banyak industri, itu berarti Anda tidak perlu khawatir apakah teknologinya akan memenuhi kebutuhan Anda. Apakah Anda memerlukan perangkat lunak komunikasi untuk perwakilan layanan pelanggan, layanan penambangan data untuk mengumpulkan informasi demografis, atau staf berketerampilan khusus untuk menangani fungsi yang sangat teknis, ada perusahaan di Filipina yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dan dalam banyak kasus, mereka akan melakukannya tanpa mengharuskan Anda membangun seluruh departemen TI hanya untuk layanan ini.

"Menggunakan mitra di Filipina berarti mendapatkan profesionalisme yang berpengalaman dan berpengetahuan luas dengan biaya yang lebih murah dan dengan kemampuan untuk berkembang bersama organisasi Anda sebagaimana adanya," katanya.

PITON-Global adalah pemenang penghargaan penyedia jasa outsourcing yang berpusat di Manila, Filipina. Informasi lebih lanjut mengenai PITON-Global bisa diakses di situs www.piton-global.com.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement