Senin 14 Feb 2022 23:29 WIB

UGM Siapkan Tempat Isolasi Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akibat Omicron

Gejala sedang dan berat akan diarahkan ke fasilitas rumah sakit rujukan Covid-19.

UGM Siapkan Tempat Isolasi Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akibat Omicron (ilustrasi).
Foto: UGM
UGM Siapkan Tempat Isolasi Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akibat Omicron (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menyiapkan asrama mahasiswa sebagai tempat isolasi mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 akibat penularan SARS-CoV-2 varian B.1.1.529 atau Omicron.

Ketua Satgas COVID-19 UGM Dr dr Rustamadji menuturkan telah menyiapkan asrama mahasiswa Darma Putra Baciro sebagai tempat isolasi sivitas UGM yang terpapar COVID-19. "Rencananya akan membuka tambahan tempat isoman dan juga kerja sama dengan pemda untuk isolasi terpusat (isoter)," kata dia, Senin (14/2/2022).

Menurut Rustamadji, isoter yang bakal difasilitasi Pemda DIY, Pemda Sleman, serta Pemkot Yogyakarta untuk pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan. "Pasien dengan gejala sedang dan berat akan diarahkan ke fasilitas rumah sakit rujukan COVID-19," kata dia.

Dalam penanganan pasien COVID-19 mencakup skrining, tracing, isolasi, serta treatment, kata dia, UGM juga bakal berkoordinasi dengan Gadjah Mada Medical Center (GMC), Rumah Sakit Akademik (RSaa) UGM, serta Klinik Korpagama.

Sementara guna mencegah penyebaran COVID-19 saat memasuki kegiatan belajar mengajar (KBM) Bauran di UGM, ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan oleh seluruh sivitas UGM. "Meskipun telah mendapatkan vaksin maupun booster, protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara ketat guna menekan penularan COVID-19 agar tidak semakin meluas," kata dia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement