Rabu 23 Feb 2022 05:15 WIB

Mahasiswa UB Juara di Ajang Nasional Gokart

Kejuaraan ini diadakan enam kali dalam satu tahun.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mahasiswa  Universitas Brawijaya (UB) meraih juara pertama pada kategori Shifter University di ajang Eshark Rok Cup Indonesia.
Foto: Dok. Humas UB
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) meraih juara pertama pada kategori Shifter University di ajang Eshark Rok Cup Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya (UB), Raihan Zulfikar sukses meraih juara pertama pada kategori Shifter University di ajang Eshark Rok Cup Indonesia. Ajang ini merupakan kejuaraan nasional Gokart 2022.

Tidak hanya juara pertama di kategori Shifter University, Raihan juga mampu menjadi juara dua di kategori Shifter 150 pada ajang yang sama. Mahasiswa Psikologi Angkatan 2018 ini mengungkapkan, kategori Shifter University ini dipertandingkan untuk antarkampus.

Baca Juga

Sebelum mengikuti ajang Eshark Rok Cup pada tahun, Raihan mengaku ada cerita menarik yang dilaluinya saat ingin mengikuti ajang yang sama pada 2018 lalu. Pengalamannya selama empat tahun menjadi pembalap Gokart membuat pria asal Jakarta ini memberanikan datang ke Teknik Mesin UB. Dia menyatakan keinginannya untuk bisa mewakili kampus mengikuti Kejuaraan Nasional.

Pengalamannya menjadi pembalap Gokart dan juga memiliki kendaraan untuk mengikuti perlombaan menjadi alasan Raihan menawarkan diri sebagai pengemudi. Namun tawaran ini tak bersambut dengan bsik. "Sebab ada aturan di Teknik Mesin UB bahwa yang menjadi pembalap harus dari jurusan yang sama," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (22/2/2022).

Empat tahun lalu berlalu, Raihan akhirnya bisa tampil di ajang Eshark Rok Cup Indonesia dan membawa nama Universitas Brawijaya. Meski menggunakan dana pribadi, dia tetap mengajak mahasiswa UB yang lain sebagai pendamping. Mahasiswa-mahasiswa tersebut antara lain Muhammad Rizkyanor (mahasiswa Psikologi) sebagai manajer tim dan M Ramadhani Harun A (mahasiswa Teknik Mesin UB) sebagai kepala mekanik.

Raihan tak menyangka mampu membawa nama UB menjadi juara 1 pada kategori Shifter University. Padahal menurutnya, beberapa tahun terakhir nama UB tenggelam pada kejuaraan ini. Selanjutnya, pria kelahiran 1999 ini bertekad membawa UB menjadi juara umum nasional 2022 pada kategori Shifter.

Menurut Raihan, kejuaraan ini diadakan enam kali dalam satu tahun. "Yang kemarin menang adalah seri pertama dan yang terakhir di bulan September. Target saya bisa bawa Universitas Brawijaya juara umum nasional 2022 di kelas Shifter,” kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement