Jumat 25 Feb 2022 17:43 WIB

Rektor UMP Terpilih 50 Tokoh Banyumas 2022

Banyumas juga perlu adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jebul Suroso.
Foto: Dok UMP
Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jebul Suroso.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah, Dr Jebul Suroso, menjadi satu-satunya rektor yang terpilih dalam 50 tokoh Banyumas 2022. Hal itu ditunjukkan dalam acara Temu Gagasan 50 Tokoh Banyumas 2022 bertajuk Meneropong Banyumas Sampai Tahun 2024 di Aston Imperium Hotel Purwokerto, Jumat (25/2/2022).

Acara yang digelar oleh Forum Banyumas itu dihadiri berbagai tokoh di Banyumas, seperti anggota DPR RI, ketua DPRD Banyumas, dan berbagai tokoh pendidikan, budaya dan lainnya. Dalam kesempatan tersebut rektor UMP mendorong Banyumasraya menjadi provinsi.

"Banyumasraya itu layak menjadi provinsi. Artinya siapapun yang akan memimpin ke depan tidak lagi egosentris Banyumas, melainkan mengajak untuk Banyumasraya menjadi provinsi," ujar Dr Jebul Suroso.

Lebih lanjut rektor mengatakan ekonomi perlu dimajukan dengan mengedepankan keekonomian rakyat. "Saat ini kita dihadapkan UMKM yang perlu perhatian kita. Jika mereka (UMKM) diberikan stimulan itu, maka anggaran kita tidak akan sia-sia," katanya.

Menurut rektor hal itu bisa menjadi mimpi yang secara bertahap bisa diwujudkan. Rektor juga mengatakan perlu melibatkan banyak rakyat agar Banyumas ini bisa berkembang dengan baik.

"Yang bergerak di bidang pendidikan. Kami punya lebih dari 15 ribu mahasiswa, seribu pegawai. Multiplayer efeknya sangat luar biasa. Kami punya tiga lokasi kampus. Artinya ada potensi yang sangat menguntungkan untuk bisa dikembangkan," jelasnya.

Ia menilai  Banyumas juga perlu adaptif terhadap perkembangan teknologi. Perguruan tinggi yang bekerja sama dengan pemerintah itu melahirkan banyak produk yang bisa diandalkan dan home industry-nya berkembang.

"Banyumas bisa dilakukan begitu. Saya dengar ada area yang akan dikembangkan menjadi pusat industri. Kita (UMP) bisa berperan besar di sana," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement