Rabu 09 Mar 2022 23:32 WIB

Damkar Tulungagung Tangani 66 Gangguan Tawon Vespa Dua Bulan Terakhir

Gangguan tawon vespa memang cenderung meningkat dalam dua bulan terakhir.

Damkar Tulungagung Tangani 66 Gangguan Tawon Vespa Dua Bulan Terakhir (ilustrasi).
Foto: Wikipedia
Damkar Tulungagung Tangani 66 Gangguan Tawon Vespa Dua Bulan Terakhir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TRENGGALEK -- Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, telah menangani sedikitnya 66 gangguan tawon vespa (Vespa affinis) yang masuk ke pemukiman penduduk selama dua bulan terakhir.

"Gangguan tawon vespa memang cenderung meningkat dalam dua bulan terakhir. Bayangkan saja, dalam sehari kami bisa melakukan empat tindakan evakuasi akibat gangguan seranggaberbisa ini," kata Kepala BidangDamkar Kabupaten Tulungagung Gatot Sunu di Tulungagung, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga

Meningkatnya gangguan tawon vespa ini belum diketahui penyebabnya.Menurut Gatot, migrasi sporadis tawon vespa dipengaruhi perubahan iklim serta rusaknya habitat serangga liar yang memiliki sengatan berbisa itu rusak akibat faktor alam maupun ulah manusia. Tawon vespa mempunyai habitat asli di wilayah hutan.

Rusaknya habitat alami tawon ini memaksa binatang penyengat itu membangun sarang dekat dengan pemukiman. Gatot meyakini keberadaan tawon vespa mempunyai manfaat bagi lingkungan. "Apabila sarang tawon di perumahan masyarakat itu yang kita evakuasi. Kalau di alam saya larang anggota melakukan evakuasi," ujarnya.

Dari data Damkar Tulungagung, selama kurun Januari - Februari 2022, sudah ada 66 evakuasi tawon vespa yang dilakukan oleh Damkar Tulungagung. Sedang untuk binatang lainnya seperti ular baru empat evakuasi.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement