Kamis 10 Mar 2022 22:11 WIB

Pemenang Mango dan Mosaic MAN 1 Yogyakarta Diumumkan Daring

Dua kompetisi tersebut diikuti oleh ratusan pelajar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Pengumuman pemenang kompetisi Mango dan Mosaic MAN 1 Yogyakarta yang dilakukan secara daring.
Foto: Dokumen
Pengumuman pemenang kompetisi Mango dan Mosaic MAN 1 Yogyakarta yang dilakukan secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kompetisi yang digelar oleh MAN 1 Yogyakarta yakni Mansa Get Try Out (Mango) dan Mansa Youth Art and Sport Islamic Competition (Mosaic) 2022 selesai dilakukan. MAN 1 Yogyakarta sebagai penyelenggara sudah mengumumkan pemenang dari kompetisi tersebut.

Dua kompetisi itu merupakan lomba antar pelajar di jenjang pendidikan SMP/MTs dan digelar sebagai rangkaian peringatan milad MAN 1 Yogyakarta ke-72. Para pemenang kompetisi ini pun sudah diumumkan secara daring melalui akun YouTube resmi MAN 1 Yogyakarta, belum lama ini.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi, mengungkapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara ini. Baik kepada panitia, guru, siswa, hingga peserta yang ikut meramaikan acara ini meskipun dilaksanakan secara daring karena pandemi covid.

"Terima kasih pada seluruh peserta atas partisipasi kalian, semoga kegiatan ini menjadi inspirasi dan menambah semangat untuk berprestasi," kata Wiranto.

 

Ketua panitia Milad ke-72 MAN 1 Yogyakarta, Endang Sri Utami menuturkan, dua kompetisi tersebut diikuti oleh ratusan pelajar. Tidak hanya dari DIY, namun juga dari daerah lainnya di Indonesia.

Mango sendiri diikuti 132 pelajar SMP/MTs. Sedangkan, kompetisi Mosaic diikuti 243 pelajar. Pemenang dalam kompetisi tersebut juga mendapatkan kesempatan emas, khususnya bagi siswa kelas 9 SMP/MTs.

Kesempatan emas itu yakni diberikan kesempatan dapat mendaftar menjadi siswa MAN 1 Yogyakarta tanpa tes. "Siswa kelas 9 MTs/SMP yang meraih juara 1, 2, dan 3 (dalam kompetisi) Mango, serta juara 1 dan 2 Mosaic, dapat mendaftar menjadi siswa MAN 1 Yogyakarta tanpa tes dari jalur prestasi non akademik/undangan pada PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023," kata Endang.

Ia menjelaskan, pemenang dalam kompetisi Mango didominasi siswa SMP/MTs di DIY. Sedangkan, pemenang dalam kompetisi Mosaic tidak hanya siswa dari sekolah yang ada di DIY, namun juga dari daerah lain seperti Jawa Tengah.

Untuk kompetisi Mosaic terdiri dari beberapa cabang kompetisi. Mulai dari cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lomba Musabaqah Hifdzul Quran (MHQ), lomba Sesorah atau lomba pidato Bahasa Jawa, Macapat atau menyanyi Tembang Jawa, lomba esai, story telling, desain grafis, hingga short movie.

Meskipun kompetisi Mango dan Mosaic sudah selesai digelar, Endang menuturkan, masih ada rangkaian acara lainnya yang mengisi milad ke-72. Ia menyebut masih ada dua acara besar lainnya yakni Mansa Social Week yang digelar pada 12–19 Maret dan Sarasehan Akbar pada 26 Maret 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement