Senin 14 Mar 2022 21:41 WIB

Viral Mendoan Jumbo di Banyumas, Satu Mendoan Bisa Sekeluarga

Mendoan ini dijual di sentra kuliner dan oleh-oleh Sawangan, Purwokerto.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Penjual mendoan tengah menggoreng mendoan jumbo di sentra kuliner Sawangan, Purwokerto.
Foto: Idealisa Masyrafina
Penjual mendoan tengah menggoreng mendoan jumbo di sentra kuliner Sawangan, Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Mendoan merupakan makanan olahan tempe yang menjadi favorit warga Banyumas, Jawa Tengah. Tidak hanya untuk konsumsi sehari-hari, tempe mendoan khas Banyumas juga diburu sebagai oleh-oleh.

Bila biasanya mendoan disajikan satuan, dengan ukuran kecil, kini ada mendoan yang menjadi viral di Purwokerto karena ukurannya yang jumbo. Mendoan berukuran jumbo ini empat kali lebih besar dari mendoan biasa, dan ukurannya untuk disantap bersama- sama.

Bentuknya yang jauh lebih besar dari mendoan biasanya membuat banyak orang berbondong-bondong ingin mencobanya. Mendoan ini dijual di sentra kuliner dan oleh-oleh Sawangan, Purwokerto.

Menurut Tarminah, pedagang mendoan jumbo, mendoan ini dijual dengan dua variasi yaitu mendoan original dan cabai. Pembeli pun bisa meminta berapa banyak cabai di atas mendoan, tergantung selera.

"Kalau mendoan jumbo ini baru empat bulan belakangan ini dijual. Pembelinya banyaknya dari luar kota," ujar Tarminah.

Berbeda dengan mendoan biasa, mendoan ukuran jumbo dibungkus dengan plastik, bukan daun seperti biasanya. Mereka terpikir untuk menjual mendoan jumbo agar lebih menarik pembeli, dan ini cukup berhasil.

Harganya Rp 15 ribu untuk mendoan original dan Rp 17 ribu untuk mendoan cabai. Dalam sehari, mendoan jumbo terjual paling sedikit 20 lembar hingga 50 lembar.

Untuk bahan baku, Tarminah tidak kesulitan, karena ada pemasok mendoan dari Baturraden. Begitu juga minyak goreng yang sudah dipesan langsung ke distributor langganan. "Mendoan ini enak dimakan hangat-hangat," kata Tarminah.

Mendoan viral ini pun menarik minat Roby, pria asal Bandung, yang tengah berkunjung ke Banyumas. Dia pun ke sentra kuliner Sawangan untuk berburu mendoan ini.

"Kebetulan mau bertemu keluarga di sini, saya lihat Instagram lagi viral mendoan besar ini. Jadi saya mencoba membeli yang original dan cabai," kata Roby.

Menurut Roby, mendoan merupakan penganan yang tidak asing di lidahnya karena ia cukup sering membeli makanan tersebut. Namun, mendoan yang viral ini memang berbeda, dan ia ingin mencobanya.

"Karena belum pernah mencicipi mendoan Banyumas, ada yang viral di Instagram jadi sekalian beli yang jumbo," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement