Rabu 16 Mar 2022 15:54 WIB

Ketum PAN Safari Keliling Tapal Kuda Jatim Sambangi Ponpes

PAN di Jatim ingin hadir menyerap aspirasi kultural masyarakat.

Rep: Antara/Erik P/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi pengurus PAN bersafari keliling wilayah Tapal Kuda Jawa Timur mulai Selasa (15/3/2022) hingga Ahad (21/3/2022).
Foto: Dok PAN
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi pengurus PAN bersafari keliling wilayah Tapal Kuda Jawa Timur mulai Selasa (15/3/2022) hingga Ahad (21/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan melakukan safari kebangsaan ke Provinsi Jawa Timur (Jatim), mulai Selasa (15/3/2022) hingga Ahad (21/3/2022). Zulkifli kali ini memfokuskan perjalanannya untuk melakukan konsolidasi kader di sepanjang wilayah Tapal Kuda.

Kawasan Tapal kuda adalah nama sebuah daerah di bagian timur Provinsi Jatim, yang mencakup Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Zulkifli bersama pengurus DPP dan DPW PAN Jatim mengikuti agenda 'Zulhas Sat Set Nang Jawa Timur'.

Daerah pertama yang didatangi Zulhas adalah Kabupaten Jember. Dia mengawali perjalanannya dengan melakukan ziarah ke Makam Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid. Setelah itu, wakil ketua MPR ini meresmikan jembatan gantung di sekitar Pantai Watu Ulo dan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Ulum yang dipimpin KH Lutfi Ahmad.

"Harus diakui basis PAN di Jatim kali ini banyak berdatangan dari warga Nahdliyin. Bahkan di Jatim ketua DPW-nya seorang Habib. Habib Rizki Sadig. Dukungan warga NU di Jatim kepada PAN kuat," ucap Zulkifli dalam siaran di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Dia menyebut, penerimaan beberapa kiai dan pondok pesantren berbasis warga Nahdliyin di Jatim kepada PAN cukup buat. Bahkan, di antara mereka secara terang-terangan menyatakan ingin maju bersama PAN di Pileg 2024. Usai dari Ponpes Madinatul Ulum, Zulhas mendatangi Ponpes Al-Qodiri pimpinan KH Muzakki. Di lokasi, ia dan rombongan PAN disambut secara antusias dengan drumb band dan gema shalawat badar.

"PAN di Jatim ingin hadir menyerap aspirasi kultural masyarakat dan menemukan relevansi perjuangan partai ini dengan kebutuhan masyarakat Jatim. Insya Allah pada saatnya Jatim akan menjadi basis PAN," kata Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig.

Anggota Komisi I DPR tersebut menuturkan, agenda Zulkifli selanjutnya mengunjungi Ponpes Syekh Abdul Qodir Jailani di Probolinggo. "Kiai Hafidz dan beberapa anggota keluarganya ingin maju dari PAN di pileg mendatang," ucap Rizki.

Safari politik Zulhas di Jatim ini terbilang menarik. Agendanya meliputi ziarah, kunjungan ke pesantren, silaturahim dengan alim ulama, dan terakhir rencananya ditutup dengan shalawat akbar di Kabupaten Sampang, Madura. "PAN terus konsilidasi. Jatim ini salah satu yang terbaik konsolidasinya. Sambutan warga Jatim sangat luar biasa. Terasa aura PAN di Tapal Kuda ini," ucap Zulkifli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement