Jumat 18 Mar 2022 14:26 WIB

Wagub Jatim Tegaskan Komitmen Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Upaya menangani kemiskinan ekstrem berdampak pada kesejahteraan sosial.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.
Foto: Dokumen.
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan kemiskinan ekstrem menjadi isu utama yang menjadi perhatian Pemprov Jatim. Emil berpendapat, dampak baik penurunan kemiskinan bukan hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan, tetapi juga perdesaan.

Ia meyakini, apabila kemiskinan esktrem ditangani secara serius, maka kemiskinan secara umum akan dapat ditekan. "Kita harus dapat melihat bagaimana menangani kemiskinan ekstrem berdampak pada kesejahteraan sosial," kata Emil, Jumat (18/3/2022).

Berbagai intervensi dilakukan pemprov dalam menekan angka kemiskinan ekstrem. Di antaranya intervensi berupa bantuan sosial. Berbeda dari biasanya, bantuan digelontorkan tidak berupa uang tunai, melainkan berupa bantuan pangan langsung dan uang digital atau e-wallet.

"Harapannya dengan e-wallet, pengalaman dan pandangan masyarakat bisa berubah. Pembagian bansos dalam bentuk pangan terbukti menekan kemiskinan, sedangkan secara pemberian cash money, belum tentu," ujarnya.

 

Menurut Emil, langkah intervensi ini menggabungkan pengelolaan data yang tepat sehingga dapat berujung pada bantuan dana yang tepat sasaran. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Jatim pada periode Maret 2021 hingga September 2021 turun 313.130 jiwa.

"Kita bukan hanya melihat dalam konteks intervensi yang ada. Kita harus harus mengombinasikan antara penggunaan dengan pemberdayaan pemetaan. Ini membutuhkan juga data yang tepat. Data terpadu soal kesejahteraan ini terus ingin kita sempurnakan," kata dia.

Lebih lanjut Emil optimistis dengan langkah intervensi yang memadai dan sinergi yang tepat, maka pertumbuhan ekonomi Jatim dapat meningkat. Utamanya, melalui penekanan angka kemiskinan ekstrem di Provinsi Jatim.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement