Rabu 23 Mar 2022 21:56 WIB

Purwakarta akan Kembangkan Kampung Sains hingga ke Tingkat Desa

Kampung Sains harus menjadi program yang dapat terealisasi.

Purwakarta akan Kembangkan Kampung Sains hingga ke Tingkat Desa (ilustrasi)
Foto: rumah zakat
Purwakarta akan Kembangkan Kampung Sains hingga ke Tingkat Desa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengembangkan Kampung Sains hingga ke tingkat desa untuk membangkitkan minat sains di kalangan generasi muda melaluieduwisata.

"Pengembangan kampung itu juga diharapkan bisa mengembangkan inovasi yang memiliki daya ungkit ekonomi dan tumbuhnya minat sains di kalangan masyarakat akar rumput," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Desa setempat Jaya Pranolo, pada Rakor dan Penjajakan Pembentukan Program Kampung Sains Purwakarta, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, kegiatan pembentukan program Kampung Sains ini dipelopori oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Universitas Pendidikan Indonesia Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan Universitas. Pihaknya menyambut baik program tersebut karena selaras dengan program pembangunan di desa.

"Kampung Sains harus menjadi program yang dapat terealisasi dan diinternalisasikan di kehidupan masyarakat, termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya," kata Jaya.

Sementara Analis Kebijakan Universitas Pendidikan Indonesia Drs Hendri Kumiadi, MPd menyampaikan, definisi Kampung Sains merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menumbuhkembangkan literasi sains masyarakat dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu.

Melalui program Kampung Sains ini diharapkan dapat menjadi hilirisasi produk riset akademik sebagai pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement