Selasa 29 Mar 2022 09:18 WIB

UMM Sediakan 30 Kursus Gratis untuk Siswa Indonesia

Program khusus ini diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas XII.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyediakan program Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) dalam rangka membekali para siswa dengan kemampuan ekstra. Program khusus yang diberikan secara gratis ini diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas XII se-Indonesia yang ingin menambah kemampuan baru.

"Adapun pendaftaran masih dibuka hingga pelaksanaan pada April mendatang," kata Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM Nurudin dalam siaran pers di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (29/3/2022). Menurutnya, program ini menjadi sebuah upaya Kampus Putih untuk membekali para pemuda dengan kemampuan yang sesuai dengan passion dan minat, khususnya kalangan pelajar.

Hal itu dinilai penting lantaran tidak banyak sekolah yang memberikan pendidikan ekstra semacam ini. Oleh karenanya, UMM mencoba hadir untuk menyediakannya.

Kegiatan ini juga menjadi komitmen Kampus Putih dalam menerapkan merdeka belajar, tidak hanya di jenjang perkulihan tapi juga sekolah. Kemudian menyediakan beragam kursus yang sesuai dengan minat bakat peserta.

Apalagi di era seperti sekarang ini, institusi pendidikan dituntut menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan dunia yang serba digital. Nurudin menerangkan, ada lebih dari 30 kursus yang bisa dipilih oleh pelajar sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Dimulai dari coding arduino dan robotika, pelatihan pasar modal, botanipreneurship, konten kreatorpendidikan dan dakwah. Adapula digital public speaking, membatik Shibori, 3D modelling, dan kursus menarik lainnya.

Para peserta juga mendapat banyak keuntungan jika mendaftar KESI yakni mendapatkan sertifikat kompetensi. Kemudian menerima bantuan kuota internet senilai Rp 100 ribu per siswa yang ditransfer langsung ke rekening bank siswa.

Lalu juga mendapatkan potongan biaya pendaftaran Rp 100 ribu  jika mendaftar sebagai mahasiswa baru UMM. Selain memberikan materi ekstra, program ini juga menjadi sarana mengenalkan sistem pendidikan tinggi kepada siswa kelas III SMA.

Adapun aktivitas ini nantinya diadakan secara luring di Kampus UMM serta daring melalui Learning Management System (LMS) UMM. KESI yang merupakan program unggulan UMM telah menyediakan materi khusus yang mencakup keahlian teknis (hard skill) dan keahlian konteks (soft skill) bagi siswa.

Setidaknya akan ada instruktur dari dunia usaha-dunia industri (DUDI) yang akan didapuk untuk mengisi course. Dengan begitu, para siswa juga dapat mengetahui dan mengenal bagaimana kegiatan dunia industri.

Lebih lanjut, program tersebut akan dilangsungkan dengan metode tutorial, praktik dan pemberian proyek kepada para siswa peserta. Ada total empat pertemuan yang terdiri dari dua pertemuan tutorial, satu kali penugasan atau proyek dan satu pertemuan evaluasi.

Aktivitas terobosan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan dan pengalaman siswa. Tidak hanya mengenai dunia kampus saja, tapi juga bagaimana dunia kerja berlangsung. Program ini juga menjadi salah satu usaha UMM dalam merespons tren kebutuhan generasi di masa kini terutama dalam memberikan wawasan lapang mendasar di berbagai bidang.

Ia memastikan, pendaftaran program ini tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. "Silakan para siswa memanfaatkan kesempatan terbatas ini untuk menambah kompetensi ekstra. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online bisa diakses melalui alamat kesi.umm.ac.id,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement