Selasa 05 Apr 2022 18:59 WIB

PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan

Perlu peran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan cara mendonorkan darahnya.

PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan stok darah di wilayah setempat aman selama bulan Ramadhan dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

"Stok darah aman, kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak," kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

PMI Banjarnegara telah menyiapkan sejumlah strategi guna menjaga ketersediaan darah selama bulan Ramadhan. "Ada beberapa trik dan inovasi yang akan kami lakukan dalam rangka menjaga stok darah selama bulan Ramadhan," katanya.

Agus menambahkan strategi pertama adalah mengubah jadwal donor darah menjadi malam hari, terutama kelompok donor potensial. "Kami juga berkoordinasi dengan kelompok donor non-Muslim agar dapat maksimal menjaga stok selama bulan Ramadhan," katanya.

 

Dia juga mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin. "Meskipun dalam suasana bulan Ramadhan dan juga masih dalam kondisi pandemi COVID-19 namun kami mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin," katanya.

Dia menambahkan pada saat ini PMI Banjarnegara terus mengupayakan yang terbaik bagi seluruh masyarakat yang ada di Banjarnegara.

Untuk terus menjaga ketersediaan darah di wilayah Banjarnegara, kata dia, perlu peran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan cara mendonorkan darahnya secara berkala.

Dia menambahkan, berdasarkan data per hari Selasa diketahui bahwa stok darah di Kabupaten Banjarnegara terdiri dari 113 kantong darah golongan A dan 104 kantong darah untuk golongan B. Selain itu, 134 kantong darah untuk golongan O dan 12 kantong darah untuk golongan AB.

Dia mengatakan pihaknya terus menginformasikan data terkini persediaan darah di wilayah setempat melalui akun media sosial PMI Banjarnegara. "Masyarakat bisa mengakses akun media sosial resmi milik PMI Banjarnegara untuk mengetahui informasi lebih lengkap," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement