Jumat 15 Apr 2022 18:05 WIB

Sleman Memulai Festival Ramadhan Kaliurang

Pasar Takjil Kaliurang berlangsung mulai 25 April-1 Mei 2022.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Memulai Festival Ramadhan Kaliurang (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Sleman Memulai Festival Ramadhan Kaliurang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan pelaku ekonomi kreatif Kaliurang menggelar Festival Ramadhan Kaliurang. Agenda ini diselenggarakan sebagai salah satu usaha menggerakkan kembali perekonomian masyarakat pada bulan suci Ramadhan.

Festival Ramadhan Kaliurang berlangsung mulai 15 April-1 Mei 2022. Diisi pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner dan sub sektor busana, hotel dan restoran dan UMKM lain. Ini merupakan agenda bersama seluruh elemen pelaku wisata Kaliurang.

Baca Juga

Terdapat Pasar Takjil Kaliurang yang diikuti oleh sub sektor kuliner dan busana dari pelaku UMKM di Kaliurang dan beberapa merk ternama. Pasar Takjil Kaliurang berlangsung mulai 25 April-1 Mei 2022, bertempat di Lapangan parkir Tlogoputri.

Selain menu-menu dari Beukenhof Restaurant di Museum Ullen Sentalu, akan pula berpartisipasi sejumlah hotel bintang yaitu Griya Persada Convention Hotel & Resort, D'Kaliurang Resort & Convention, dan Hotel @K Hotel Kaliurang.

 

Mereka akan menyuguhkan atraksi live cooking Takjil Ramadhan dari chef-chef andalan masing-masing. Pasar Takjil Kaliurang sekaligus jadi media mengenalkan kuliner di Kaliurang yang selama ini belum banyak diketahui wisatawan luas.

"Festival Ramadhan Kaliurang akan tetap mengedepankan konsistensi terapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman, Aris Herbandang, Jumat (15/4/2022).

Dalam agenda ini, Hotel @K Kaliurang akan memberikan diskon 10 persen paket buka bersama dari 15-25 April 2022. Serta, discount room 30 persen dari harga publish 15-30 April 2022. Wisatawan akan disuguhi Festival Lampion oleh Taman Pelangi.

Tersedia mulai 30 April-31 Juli 2022 bertempat di Gardu Pandang Boyong Kaliurang . Suraloka Zoo memberi diskon tiket dari harga Rp 30.000 jadi Rp 10.000 pada 15-29 April 2022. Ada pula komunitas jip dengan paket Jeep Eksplore Kaliurang.

Mereka akan mengenalkan destinasi baru di Kaliurang kepada wisatawan yang selama ini belum banyak dikenal. Seperti Nawang Jagad, Ngopi dan makanan tradisional di Tan Kaman dan wisata anggrek di Komunitas Anggrek Kaliurang dengan Rp 240.000.

Komunitas skuter Kaliurang akan memberikan diskon sewa skuter sebesar 20 persen  dari 25 April-1 Mei 2022. Kemudian, Museum Ullen Sentalu akan memberikan pula tiga buah tiket gratis setiap hari bagi pengunjung Pasar Takjil Kaliurang.

Bandang menekankan, pelaksanaan melibatkan kapanewon-kapanewon dan kalurahan-kalurahan yang ada di sekitar. Ia menambahkan, Festival Ramadhan Kaliurang akan dimeriahkan pentas seni dengan penampil band religi dan keroncong kontemporer.

"Kaliurang tempatnya sejuk, akan lebih nikmat mencari takjil di Kaliurang dan banyak obyek baru, banyak sudut-sudut yang selama ini belum banyak diketahui," ujar Bandang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement