Senin 18 Apr 2022 13:21 WIB

Ipsos Luncurkan Riset Persepsi Konsumen pada Layanan pengiriman E-Commerce

Dari hasil survei yang didapat, Tokopedia dinilai unggul.

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia
Foto: tokopedia.com
Ilustrasi Aplikasi Tokopedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Perusahaan riset pasar atau market research global yang ada di Indonesia, Ipsos, kembali mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce di Indonesia. Survei ini diadakan secara tatap muka, pada bulan Januari 2022, dengan melibatkan 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

 

Dari hasil survei yang didapat, Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-commerce lainnya. Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

 

Sama halnya dengan kualitas produk, layanan pengiriman juga mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e-commerce. Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman. Ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan satu sama lain dan penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen. 

Mayoritas responden (52 persen) mengakui Tokopedia sebagai e- commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45 persen), lalu Lazada 43 persen, OLX 40 persen, dan Bukalapak di urutan kelima sebesar 30 persen.

Dari variasi layanan pengiriman, Tokopedia juga unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28 persen, kemudian disusul Lazada (26 persen) di urutan ketiga, Blibli (25%) keempat, dan OLX (20 persen) kelima.

Sebanyak 29 persen responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18 persen), Lazada 16 persen, Bukalapak dan Blibli 11 persen.

“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujar Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia, Lioni Halim, dalam siaran pers, Senin (18/4/2022).

Kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen. Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang ia beli, ia akan berpotensi beralih kepada pilihan took online lainnya, bahkan mungkin e-commerce pesaing. Oleh karena itu, penting bagi platform e-commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.

Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74 persen) menilai produk- produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63 persen, lalu Bukalapak 50 persen, dan OLX 40 persen.

Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54 persen) paling populer di kalangan pengguna e-commerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media social Lazada 41 persen, disusul Tokopedia 40 persen, Bukalapak 21 persen, dan Blibli 29 persen.

Lioni memaparkan, survei ini dilakukan secara daring pada tanggal 12- 21 Januari 2022 serta melibatkan 1.051 responden pengguna layanan digital berusia 18 tahun ke atas yang merupakan pengguna internet secara regular (minimal akses internet 2 jam dala.  Kriteria responden berdasarkan pada usia, jenis kelamin, dan status pernikahan, pekerjaan, pendidikan, dan status ekonomi digunakan untuk memastikan bahwa sampel tersebut mencakup distribusi populasi secara keseluruhan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement