Jumat 22 Apr 2022 15:40 WIB

Polresta Banyumas Siapkan Pos Pengamanan Mudik di 12 Titik

Sebanyak 636 personil kepolisian dikerahkan dalam pengamanan arus mudik.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas kepolisian beristirahat di posko Hari Raya Idul Fitri.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas kepolisian beristirahat di posko Hari Raya Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Polresta Banyumas akan mendirikan pos pengamanan (Pos Pam) dan pos pelayanan (Pos Yan) arus mudik di 12 titik perbatasan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lebih dari 600 personil kepolisian dikerahkan untuk pengamanan arus mudik mendatang.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu menjelaskan apel persiapan arus mudik dilakukan sore ini di GOR Satria Purwokerto. "Saat ini kita menyiapkan pospam dan posyan terpadu di perbatasan, dan ada juga pos terpadu di dalam kota maupun lokasi wisata," ujar Kapolresta Banyumas di Kawasan Bung Karno, Purwokerto, Jumat (22/4/2022).

Sebanyak 636 personil kepolisian dikerahkan dalam pengamanan arus mudik, beserta personil TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Menurut Kapolresta, tim pos pam dan pos yan ini sudah dimobilisasi ke 12 titik tersebut dimulai pada malam ini atau besok pagi.

Ke depannya, jumlah pos pam ini dapat bertambah tergantung pada situasi di lapangan. Selain itu, tidak ada penyekatan di perbatasan karena Banyumas telah masuk Level 1 PPKM.

 

"Lihat perkembangan situasi di lapangan kalau seandainya nanti terjadi kalau ramai  mungkin kita akan pakai jalur alternatif," jelas Kombes Pol Edy.

Sementara itu Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas telah menyiapkan lima jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan jalan saat arus mudik dan balik. Kepala Dishub Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, posko angkutan Lebaran akan dimulai pada 25 Aprildan berakhir 10 Mei.

"Perkiraan puncak arus mudik pada 30 April hingga 1 Mei. Sedangkan perkiraan puncak arus balik pada 7-8 Mei mendatang,” kata Agus Nur Hadie kepada Republika.co.id, Senin (18/4/22) lalu.

Ia memaparkan, hal-hal yang perlu diantisipasi selama arus mudik dan balik yakni kemacetan di sejumlah titik. Lalu lintas di Kabupaten Banyumas sebagai tempat singgah dan daerah penghubung daerah-daerah di sekitarnya (Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purbalingga, Brebes, dan lainnya) akan berdampak terlebih pada masa liburan.

Selain itu, Dishub juga mengantisipasi kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata seperti Alun-alun Purwokerto, pusat oleh-oleh dan kuliner Kota Purwokerto, Alun-alun Banyumas, Daerah Wisata Baturraden dan sekitarnya, serta kawasan wisata di perkotaan Purwokerto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement