Senin 25 Apr 2022 11:45 WIB

Jelang Lebaran, Polres Semarang Tingkatkan Pencegahan Gangguan Kamtibmas  

Apel malam KRYD telah dilaksanakan di mapolres Semarang, Ahad (24/4/2022) malam.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Kegiatan patroli malam yang ditingkatkan oleh anggota Polres Semarang guna mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas menjelang dilaksanakannya Operasi Ketupat Candi 2022 (pengamanan Lebaran 1443 Hijriah) di wilayah Kabupaten Semarang, Ahad (24/4) malam.
Foto: dok. Humas Res Semarang
Kegiatan patroli malam yang ditingkatkan oleh anggota Polres Semarang guna mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas menjelang dilaksanakannya Operasi Ketupat Candi 2022 (pengamanan Lebaran 1443 Hijriah) di wilayah Kabupaten Semarang, Ahad (24/4) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Di tengah situasi kamtibmas yang cenderung kondusif menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah jajaran Polres Semarang diminta tetap mewaspadai berbagai potensi gangguan kamtibmas di masyarakat.

Meskipun konsentrasi anggota masih tertuju pada berbagai persiapan pengamanan masyarakat yang akan mudik Lebaran, pemeliharaan kamtibmas di wilayah Kabupaten Semarang tetap harus menjadi perhatian seluruh jajaran anggota Polres Semarang.

“Kita tidak boleh under estimate, potensi kerawanan kamtibmas tetap ada menjelang hari raya Idul Fitri ini,” ungkap Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika HA, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (25/4/2022).

Dengan meningkatnya berbagai aktivitas masyarakat menjelang Lebaran tahun ini, jelas Yovan, tidak menutup kemungkinan kerawanan- kerawanan kamtibmas akan muncul di wilayah Kabupaten Semarang.

Seperti tindak kejahatan konvensional yang memanfaatkan kelengahan masyarakat di tengah persiapan menghadapi Lebaran. “Untuk itu, seluruh jajaran harus mengantisipasi kerawanan kamtibmas ini," katanya.

Guna menciptakan situasi yang tetap kondusif, lanjutnya, Polres Semarang menggelar Kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sebagai langkah untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang lebih stabil menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah kali ini.

Apel malam KRYD telah dilaksanakan di mapolres Semarang, pada Ahad (24/4/2022) malam dengan menekankan antisipasi kerawanan kambtibmas, menjelang dimulainya Operasi Ketupat Candi 2022 tingkat Polres Semarang.

Dalam Kegiatan ini, jajaran Polres Semarang akan membagi semua fungsi dan satuan menjadi bebeapa regu untuk meningkatkan Kegiatan patroli kamtibmas di tengah- tengah masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Semarang.

Selain kegiatan patroli kamtibmas, dalam Kegiatan KRYD ini juga dimanfaatkan untuk melakukan pengawasan serta himbauan penerapan protokol kesehatan (prokes) oleh masyarakat demi menekan angka penyebaran Covid 19 di masa perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Pelaksanaan kegiatan KRYD tersebut, akan berlangsung hingga dimulainya Operasi Ketupat Candi 2022 yang rencananya akan dilaksanakan sejak tanggal 28 April 2022 Hingga 9 Mei 2022 mendatang.

“Hal ini untuk menciptakan suasana hari raya Idul Fitri yang aman dan nyaman, baik dari sisi kamtibmas sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tetap patuh terhadap ketentuan pencegahan Covid-19," kata Yovan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement