Rabu 04 May 2022 18:15 WIB

Pengunjung Wisata Perahu Kalimas Surabaya Meningkat

Di akhir pekan, pengunjung mencapai 200 hingga 260 orang per hari.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wisatawan menikmati area Wisata Perahu Kalimas Surabaya.
Foto: Dok. Humas Pemkot Surabaya
Wisatawan menikmati area Wisata Perahu Kalimas Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismet mengungkapkan adanya peningkatan pengunjung di area Wisata Perahu Kalimas Surabaya pada libur lebara Idul Fitri 1443 H. Sebenarnya, kata dia, sejak Ramadan, Wisata Perahu Kalimas menjadi destinasi favorit wisatawan, utamanya di sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Rysdi mengatakan, rata-rata pengunjung Wisata Perahu Kalimas saat Ramadan sekitar 100 hingga 125 pengunjung per hari pada Senin hingha Jumat. Sedangkan di akhir pekan, pengunjung mencapai 200 hingga 260 orang per hari.

Baca Juga

"Tapi masih tidak seramai di Hari Raya Idul Fitri. Di lebaran, mulai tanggal 3 Mei 2022 ada peningkatan, sekitar 230 per hari. Itu terbagi di setiap sesinya dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, jadi nggak numpuk di satu sesi saja," kata Rusdi, Rabu (4/5/2022).

Di musim libur lebaran kali ini juga  kata Rusdi, ada penambahan kuota tiket Wisata Perahu Kalimas. Sebelumnya pengelola hanya menyediakan 48 tiket per sesi. Namun mulai 29 April 2022, ada penambahan menjadi 120 tiket per sesi.

"Hari ini saja sudah ada 456 tiket yang dibooking. Jadi yang melakukan pembelian tiket online 430 yang 26 pemesanan offline," ujar Rusdi

Rusdi menjelaskan, pemesanan tiket Wisata Perahu Kalimas cukup mudah. Pengunjung tinggal mengakses link website http://tiketwisata.surabaya.go.id. Setelah dibuka pengunjung diminta untuk memilih tujuan wisata terlebih dahulu. Di dalam pilihan tujuan wisata terdapat dua rute Perahu Kalimas. Pertama, rute Taman Prestasi - Taman Ekspresi - Taman Prestasi, dan yang kedua rute Taman Prestasi - Monumen Kapal Selam (Monkasel) - Taman Prestasi. 

Selanjutnya akan diarahkan untuk memilih tanggal, lalu jam kunjungan yang terdiri dari 15 sesi, mulai dari pukul 08.00 WIB - 19.00 WIB. "Setiap perahu, per sesi bisa mengangkut 10 - 12 orang, sedangkan total perahunya ada 7 unit, kita gunakan secara bergilir setiap sesi. Misal satu kita istirahatkan kemudian dibersihkan, sisanya lagi kita operasikan," kata dia. 

Untuk harga tiketnya pun cukup murah, hanya dengan membayar Rp 4.000, pengunjung sudah bisa menikmati suasana seperti di Amsterdam, Belanda. Terlebih ketika sore menjelang malam hari, suasana akan terasa berbeda karena terdapat pernak-pernik lampu yang menghiasi sepanjang rute Wisata Perahu Kalimas.

"Jadi tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, pengunjung bisa berfoto sembari menikmati suasana Kota Surabaya. Dari segi keamanan kami sangat safety, karena kami juga sediakan pelampung," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement