Kamis 05 May 2022 11:57 WIB

Arus Balik Hari Ini, 66 Ribuan Pemudik Berangkat dari Stasiun Malang

Tujuan destinasi arus balik yang paling difavoritkan masyarakat adalah Jakarta.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Arus Balik Hari Ini, 66 Ribuan Pemudik Berangkat dari Stasiun Malang (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Arus Balik Hari Ini, 66 Ribuan Pemudik Berangkat dari Stasiun Malang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Sebanyak 66.608 penumpang akan melakukan arus mudik masa Lebaran 2022. Puluhan ribu pemudik ini akan berangkat dari Stasiun Malang pada Kamis (5/5/2022).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, puluhan ribu pemudik tersebut terekam dalam data penumpang PT KAI Daop 8 Surabaya. Jumlah itu berarti okupansi kereta yang berangkat dari Stasiun Malang sudah mencapai 77 persen. "Dari kapasitas yang disediakan sebanyak 86.263 tempat duduk," kata Luqman saat dihubungi Republika, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga

Menurut Luqman, tujuan destinasi arus balik yang paling difavoritkan masyarakat adalah Jakarta. Kemudian ada pula yang tujuan perjalanannya Yogyakarta dan Banyuwangi. Para pemudik tersebut menggunakan KA Argo Bromo Anggrek, KA Airlangga, KA Jayabaya, KA Sancaka, KA Probowangi, dan sebagainya.

Seperti diketahui, masa angkutan Lebaran untuk perjalanan KA ditetapkan H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022. Pada masa tersebut KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 40 keberangkatan KA jarak jauh reguler dan enam keberangkatan KA tambahan per hari. 

Menurut Luqman, kapasitas tempat duduk yang disediakan pada masa angkutan Lebaran rata-rata 24.125 per hari. Hal ini tidak hanya berlaku pada perjalanan dari Stasiun Surabaya Pasarutri tapi juga Surabaya Gubeng, dan Malang. "Dan sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen," ucapnya.

Secara keseluruhan, penjualan tiket arus balik pada 5 Mei di wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 372.426 tempat duduk. Dengan kata lain, 70 persen dari kapasitas yang disediakan sebesar 530.755 tempat duduk.

Saat ini, kata Luqman, ketersediaan tiket KA pada arus balik angkutan lebaran 2022 masih cukup tersedia, meskipun pemesanan terus meningkat. Seperti contoh untuk perjalanan 6 Mei 2022, jumlah tempat duduk yang tersedia sekitar delapan persen atau 1.933 tempat duduk. Sementara itu, keberangkatan 7 Mei 2022, tingkat ketersediaan sekitar 1.980 tiket, dan pada 8 Mei 2022 masih terdapat 2.261 tempat duduk atau sembilan persen.

Pada kesempatan sama, Luqman juga menegaskan, calon pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train. pada aplikasi KAI Access. Fitur ini bertujuan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

KAI Daop 8 Surabaya kembali mengingatkan kepada calon pelanggan KA untuk memperhatikan kembali persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022. Untuk pelanggan KA Jarak Jauh berusia enam sampai 17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Pelanggan d iatas 17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu menujukkan hasil negatif screening Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement