Jumat 06 May 2022 21:59 WIB

Mobil Pemudik Terbakar di Keramaian Tol Semarang-Solo

Dugaan sementara kebakaran dipicu akibat konsleting kelistrikan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Sebuah mobil sedan terbakar di ruas tol Semarang-Solo KM 470B arah Semarang, tepatnya di bawah jembatan Ngipik, wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Kamis (5/5) malam. Peristiwa kebakaran ini diduga dipicu oleh konsleting pada kelistrikan mobil.
Foto: Tangkapan Layar
Sebuah mobil sedan terbakar di ruas tol Semarang-Solo KM 470B arah Semarang, tepatnya di bawah jembatan Ngipik, wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Kamis (5/5) malam. Peristiwa kebakaran ini diduga dipicu oleh konsleting pada kelistrikan mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Sebuah mobil pemudik terbakar saat melintas di tengah kepadatan arus lalu lintas ruas tol Semarang- Solo KM 470B di wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022) malam.

Diduga kebakaran dipicu oleh konsleting pada sistem kelistrikan kendaraan jenis sedan tersebut. Meski kondisi mobil hangus terbakar, dua pengendaranya dilaporkan selamat dalam peristiwa ini.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo yang dikonfirmasi, membenarkan peristiwa kebakaran sebuah mobil di ruas tol Semarang-Solo di wilayah Kecamatan Susukan  ini.

“Kejadiannya berada di KM 470B (arah Semarang) sekitar pukul 19.30 WIB, tepatnya di bawah flyover Ngipik, Kecamatan Susukan,” ungkap Rendi.

Berdasarkan keterangan pengemudi, kebakaran bermula saat mobil sedan bernomor polisi B 2822 EQ yang dikendarai dua orang penumpang ini tengah melaju dari arah Solo menuju Semarang.

Saat tiba di lokasi, pengendara melihat percikan api dari bagian mesin yang kemudian disertai keluarnya asap. Mengetahui hal ini, pengemudi segera menghentikan laju kendaraannya dan menepi di bahu jalan.

Saat itu juga kedua pengendara mobil segera turun untuk mengetahui apa yang terjadi. Namun tak beberapa lama kemdian, api berkobar di bagian mesin hingga akhirnya membakar hampir sebagian besar mobil tersebut.

“Jadi saat api mulai berkobar semua penumpangnya sudah turun, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” jelasnya.

Upaya pemadaman api, lanjut Rendi, dilakukan dua unit mobil pemadam kebakaran dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali serta unit pemadam kebakaran Pemkab Semarang.

Api yang membakar hampir seluruh bagian mobil baru dapat dikuasai satu jam kemudian. Adapun untuk penanganan di lokasi dlakukan oleh Satuan PJR Polda Jawa Tengah bersama dengan Satlantas Polres Semarang.

Karena pada saat peristiwa terjadi arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo, khususnya arus lalu lintas ke arah Semarang, tengah dalam kondisi ramai.

“Dugaan sementara kebakaran dipicu akibat konsleting kelistrikan pada bagian mesin, karena api kali pertama terlihat dari bagian depan (mesin) mobil,” tambahnya.

Setelah dilakukan pemadaman, mobil yang terbakar ini kemudian diderek dan diamankan di exit tol Salatiga. Sedianya, kedua pengendara mobil sedan ini sedang dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta.

“Kini peristiwa kebakaran ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian Polres Semarang,” tegas Rendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement