Sabtu 07 May 2022 11:51 WIB

Menhub Sebut Baru 36 Persen Pemudik yang Balik ke Jakarta

Budi berharap, pemudik menunda perjalanan balik agar perjalanan ke Jakarta lancar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, jumlah pemudik pengguna kendaraan pribadi yang kembali ke tempat kerjanya Lebaran 2022 baru sekitar 36 persen dari total perkiraan. "(Sebanyak) 64 persen sisanya belum kembali ke Jakarta atau Surabaya," kata Budi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Budi mengkhawatirkan, jika hari ini atau besok lonjakan arus balik akan tetap tinggi meski sudah diberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti sistem satu arah di jalan tol. Oleh karena itu, ia mengimbau pemudik menunda waktu kepulangan ke tempat kerja. "Pulang Senin (9/5), Selasa (10/5), atau Rabu (11/5). Pemerintah sudah memberikan hak cuti," katanya.

Budi berharap, pemudik menunda perjalanan balik sehingga bisa memperlancar arus balik Lebaran. "Dari Semarang, Solo, Senin (9/5) baru balik. Harapannya yang pulang tidak sampai 64 persen," katanya usai meresmikan pengoperasian terminal bus di tiga daerah di Jawa Tengah serta pemberangkatan pemudik yang kembali ke tempat kerjanya di Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Budi meresmikan tiga terminal bus di Semarang, Solo, dan Purwokerto. Ketiga terminal tersebut, masing-masing Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Mangkan Semarang, dan Terminal Bulupitu Purwokerto.

 

Budi menjelaskanm ketiga terminal tersebut termasuk keren dan berfungsi baik. Menurut dia, salah satu penyebab keengganan masyarakat menggunakan moda transportasi bus karena kondisi terminal yang tidak terawat dengan baik. "Keren, bersih, dengan konsep mal," ujar Budi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement