Jumat 03 Jun 2022 19:52 WIB

Qurban Qita, Marketplace yang Memudahkan Umat Islam Berkurban Sesuai Syariah

Qurban Qita telah bekerja sama dengan sebanyak 210 mitra penyalur hasil qurban.

Logo Qurban Qita
Foto: dokpri
Logo Qurban Qita

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kemajuan teknologi seharusnya bisa memudahkan umat Islam dalam melakukan segala aktivitas, termasuk melakukan ibadah qurban. Atas dasar pemikiran tersebut, sebuah perusahaan IT yang berbasis di Surabaya, PT Fauz Sanjita Gemilang baru-baru ini merilis sebuah marketplace berbasis website bernama Qurban Qita (QurbanQita.com).

"Marketplace ini baru kami rintis tahun ini. Kami bercita-cita memudahkan umat dalam menunaikan ibadah qurban yang memenuhi unsur syar'i dan memudahkan penjual untuk menjual hewan qurban berkualitas," ujar CEO Qurban Qita, Muhammad Alvinal Amira, saat ditemui di pagelaran Muslim Life Fair di Yogyakarta, Jumat (3/6/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan saat ini Qurban Qita telah bekerja sama dengan sebanyak 210 mitra penyalur hasil qurban yang terpercaya bagi masyarakat yang ingin membeli sekaligus menyalurkan hasil qurban melalui Qurban Qita. Sementara itu masih ada 100 lebih mitra penyalur hasil qurban lainnya yang sudah mendaftar. "Sebagian besar mitra ada di Jawa, namun beberapa sudah ada di luar Jawa," kata Alvinal.

Menurut Alvinal, salah satu hal terpenting dalam ibadah qurban adalah terpenuhinya unsur syariah. "Masyarakat tidak perlu ragu. Kami saat ini dibantu oleh beberapa ahli syariah dalam hal penentuan kriteria hewan qurban dan akad-akad yang dilakukan dalam jual beli hewan qurban demi memenuhi syarat sah dalam transaksi hewan qurban secara digital," ujar pria lulusan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i tersebut.

Alvinal mengatakan, salah satu keunggulan Qurban Qita dibandingkan penjual hewan qurban yang lain adalah masalah transparansi. Bahkan,melalui marketplace ini pembeli bisa melihat langsung hewan qurban jika menghendaki. 

"Melalui website ini pembeli tidak perlu ragu karena dana yang ditransfer tidak akan diteruskan ke penjual sebelum pembeli menerima hewan sesuai dengan deskripsi pada item yang dipilih web," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement