Senin 06 Jun 2022 23:18 WIB

Bupati Magetan Berangkatkan 173 Jamaah Calon Haji

Calon haji termuda tercatat atas nama Afiyah Hasbiyallah berusia 21 tahun.

Bupati Magetan Berangkatkan 173 Jamaah Calon Haji (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Bupati Magetan Berangkatkan 173 Jamaah Calon Haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAGETAN -- Bupati Magetan Suprawoto melepas 173 jamaah calon haji asal daerah itu ke Tanah Suci di Pendopo Surya Graha menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Bupati Suprawoto berharap semua calon haji Kabupaten Magetan bisa menjalankan ibadah dengan baik dan lancar. "Harapannya, semua bisa menjalankan rukun Islam kelima dengan lancar dan menjadi haji mabrur serta semuanya kembali ke Magetan dengan selamat," ujar Bupati Suprawoto di Magetan, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan mencatat dari 173 calon haji Kabupaten Magetan tersebut, 76 orang merupakan calon haji pria dan 97 orang lainnya calon haji wanita.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Magetan Muttaqin mengatakan dibandingkan dengan musim haji sebelum pandemi, ada perbedaan dalam proses pemberangkatan calon haji pada tahun 2022. "Perbedaan tersebut, di antaranya terkait pembatasan usia calon haji paling tua 65 tahun dan terkait dengan penunjukan calon jamaah haji langsung dari pusat. Kita di daerah hanya melaksanakan saja," kata Muttaqin.

 

Sesuai data, calon haji Kabupaten Magetan tergabung dalam kloter 6 bersama calon haji asal Kabupaten Pacitan yang akan diterbangkan ke Madinah Arab Saudi dari Bandara Juanda pada Selasa 7 Juni 2022 pukul 21.05 WIB. Sesuai rencana, mereka akan tiba kembali di Tanah Air pada 19 Juli 2022.

Sementara itu, perasaan lega dirasakan oleh Imron Wahyudi, calon haji dari Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan. Setelah tertunda beberapa tahun karena pandemi, tahun ini akhirnya bisa berangkat.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena bisa berangkat haji bersama istri. Kita telah menunggu selama 11 tahun ditambah lagi pandemi. Seharusnya berangkat lebih awal dan tertunda karena pandemi COVID-19," kata Imron Wahyudi sebelum naik bus.

Calon haji termuda tercatat atas nama Afiyah Hasbiyallah berusia 21 tahun dari Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, dan calon haji tertua adalah Nizar berusia 57 tahun warga Desa Bulak, Kecamatan Bendo, Magetan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement