Rabu 15 Jun 2022 16:58 WIB

Basarnas Cilacap Serah Terima Jabatan Kepala Kantor

Tantangan Basarnas ke depan semakin kompleks.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap di halaman kantor Basarnas Cilacap, Rabu (15/6/2022).
Foto: Dokumen
Serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap di halaman kantor Basarnas Cilacap, Rabu (15/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Basarnas Cilacap melaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap di halaman kantor Basarnas Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (15/6/2022). Pergeseran pucuk pimpinan tersebut secara resmi sebelumnya telah dilaksanakan di kantor Basarnas Pusat.

Sebelumnya, pada Kamis (9/6/2022) Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melantik 68 orang Pejabat Administrasi dan Fungsional di Lingkungan Basarnas. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Ruang Serba Guna Gedung Basarnas lantai 15, dihadiri oleh pejabat Eselon I dan II serta diikuti pejabat UPT secara virtual.

“Ingat, tantangan Basarnas ke depan semakin kompleks. Intensitas penyelenggaraan SAR pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia terus meningkat. Di sisi lain, tuntutan masyarakat juga semakin tinggi. Karena itu, kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna mengimplementasikan motto kita, yaitu Quick Response Search and Rescue dalam memberikan pelayanan SAR terbaik kepada masyarakat," ujar Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Rabu (15/6/2022).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap sebelumnya dijabat oleh I Nyoman Sidakarya yang sekarang mendapat amanah dipindahtugaskan di kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru. Nyoman melakukan serah terima jabatan kepada Adah Sudarsa yang sebelumnya bertugas sebagai kepala Seksi Operasi dan Siaga di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung.

Menurut Kabasarnas, pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dari dan dalam jabatan di lingkungan Basarnas adalah hal wajar sebagai bentuk peremajaan organisasi agar kegiatan serta pelaksanaan tugas dan fungsi dari pencarian dan pertolongan dapat terlaksana dengan baik. Melalui rotasi jabatan diharapkan dapat memaksimalkan kinerja dan  bertanggung jawab dengan dedikasi tinggi serta Quick Response Search And Rescue.

Acara serah terima dan pisah sambut tersebut berlangsung dengan hikmat dan lancar. Melalui sambutannya disampaikan ucapan terima kasih atas dukungan para pegawai serta kekompakan yang selama ini sudah didedikasikan untuk tugas selama ia menjabat.

Sebelum mengakhiri sambutannya I Nyoman Sidakarya, berpesan agar meningkatkan kompetensi, jaga kekompakan, kekeluargaan, dan selalu memberi dukungan bagi kepala kantor yang baru. "Terus terang saya mengagumi dedikasi dan militansi teman-teman di sini saat setiap pelaksanaan operasi SAR, juga saya merasakan adanya suasana kekeluargaan  serta kerja sama yang baik di kantor ini," ujar Nyoman.

Pada kesempatan  sama, Kepala Kantor yang baru, Adah Sudarsa mengungkapkan, dinamika sebagai kepala kantor di masing-masing wilayah, di mana memiliki tantangan tersendiri, khususnya di Cilacap.

"Apa yang sudah dijalani sebelumnya agar dijaga dengan baik, namun jikalau ada kekurangan akan kita benahi bersama, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna dan kedepan kita akan selalu bersinergi dengan pihak terkait," kata Adah.

Menurutnya intensitas operasi SAR di Cilacap tak sebanyak di Lampung, tempat ia menjabat sebelumnya. "Namun kita tetap harus tetap waspada apabila ada laporan dari masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR," ujarnya.

Serangkaian acara serah terima dan pisah sambut kepala kantor Basarnas Cilacap diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan, penandatangan memorandum serah terima, dan dilakukan foto bersama dan ramah tamah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement