Jumat 17 Jun 2022 20:57 WIB

Sleman Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Terpilih Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik.

Sleman Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Sleman Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meraih penghargaan terbaik untuk instansi pemerintah Kategori "Outstanding Achievement" dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4).

"Penghargaan tersebut diserahkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa kepada Bupati SlemanKustini Sri Purnomo di Jakarta pada Kamis (16/6)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman Eka Surya di Sleman, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga

Menurut dia, prestasi ini cukup membanggakan mengingat hanya dua kabupaten di Indonesia yang berhasil masuk dalam enam jajaran peserta terbaik Kategori "Outstanding Achievement", yaitu Kabupaten Sleman dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah. "Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ini diselenggarakan Kementerian PANRBbekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia," katanya.

Penyelenggaraan kegiatan ini bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Penyelenggaraan kompetisi tersebut bertujuan agar instansi pengelola pengaduan pelayanan publik dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif terkait pengelolaan pengaduan. Kompetisi P4 ini menjaring 749 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan BUMD di Indonesia. setelah melalui tahap pengisian formulir tersisa 573 peserta yang kemudian disaring menjadi 434 peserta yang dokumennya layak diverifikasi.

Setelah tahap evaluasi dokumen, terpilih Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik yang terdiri atas 6 peserta pada Kategori "OoutstandingAchievement", 30 peserta kategori instansi pemerintah (IP), dan 15 peserta kategori unit penyelenggaraan pelayanan publik (UPP). Tahap evaluasi lanjutan/penjurian kemudian menentukan Top 17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik yang memperoleh Penghargaan Anggakara Birawa.

"Penghargaan yang diperoleh Pemkab Sleman diharapkan dapat memacu dan memotivasi seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan kualitas agar pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Sleman dapat berjalan lebih baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement