Senin 20 Jun 2022 21:33 WIB

Gunung Kidul Jamin Ketersediaan Kamar Selama Kejuaraan Voli Nasional

Pantai Sepanjang ideal sebagai lokasi pertandingan voli pantai.

Gunung Kidul Jamin Ketersediaan Kamar Selama Kejuaraan Voli Nasional (ilustrasi).
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Gunung Kidul Jamin Ketersediaan Kamar Selama Kejuaraan Voli Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL -- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin ketersediaan kamar tidur bagi peserta Kejuaraan Voli Pantai Nasional di Pantai Sepanjang pada 22-26 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul, Mohamad Arif Aldian memastikan ketersediaan kamar di penginapan tersebut mencakup kehadiran homestay. "Kami sudah melakukan komunikasi dengan PHRI Gunung Kidul terkait ketersediaan kamar. Kami juga sudah melakukan survei penginapan dan homestay yang berada di kawasan pantai selatan. Kami pastikan cukup," kata Arif Aldian, Senin (20/6/2022).

Baca Juga

Selain ketersediaan akomodasi tempat tidur, ia memastikan wisatawan yang ingin menyaksikan voli pantai juga bisa memanfaatkan fasilitas lain seperti rumah makan dan layanan jasa lainnya.

Menurut Arif, survei lapangan sebelumnya sudah dilakukan guna memastikan kesiapan akomodasi, melalui komunikasi dengan pemilik penginapan, rumah makan, hingga pelaku wisata. "Termasuk menyiapkan jalur masuk menuju lokasi agar tidak terjadi kepadatan," katanya.

 

Arif belum bisa memperkirakan berapa besar angka pendapatan asli daerah (PAD) hingga pengunjung yang bisa diperoleh selama kegiatan. Namun, ia optimistis akan ada peningkatan pendapatan yang signifikan. "Kami berharap event kelas nasional ini bisa memberikan dampak berlipat secara ekonomi ke warga setempat. Sekaligus meningkatkan nilai tambah sektor pariwisata Gunung Kidul," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gunung Kidul Harry Sukmono menilai Pantai Sepanjang ideal sebagai lokasi pertandingan voli pantai. Panitia juga telah menyiapkan lapangan hingga tribun penonton portabel.

Adapun keseluruhan tribun bisa menampung maksimal hingga 450 orang. "Bagi yang hendak menonton pertandingan tidak perlu membeli tiket, cukup membayar retribusi di Pos TPR Utama Baron," kata Harry.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement