Selasa 21 Jun 2022 20:59 WIB

Pemkab Kudus Usulkan Alokasi Vaksin untuk Semua Populasi Ternak

Hingga saat ini belum diketahui alokasi vaksin yang nantinya bakal diterima.

Pemkab Kudus Usulkan Alokasi Vaksin untuk Semua Populasi Ternak (ilustrasi).
Foto: dok. istimewa
Pemkab Kudus Usulkan Alokasi Vaksin untuk Semua Populasi Ternak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan alokasi vaksin sesuai jumlah populasi ternak di daerah itu yang berpotensi terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sebelumnya memang sudah ada tim dari Balai Besar Veteriner (BBV) yang berkunjung ke Kabupaten Kudus untuk melakukan validasi hewan ternak yang ada di Kudus terkait pemberian alokasi vaksin PMK," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Agus Setiawan di Kudus, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Saat berkoordinasi tersebut, pihaknya mengusulkan agar semua populasi ternak yang berpotensi terpapar PMK diberikan jatah vaksin agar wabah PMK tidak meluas. Hanya saja, imbuh dia, hingga saat ini belum mengetahui alokasi vaksin yang nantinya bakal diterima karena masih ada pertemuan lanjutan soal vaksin untuk hewan ternak tersebut.

Bupati Kudus Hartopo menambahkan ketika vaksin tersedia tentunya akan segera disuntikkan agar penyebaran PMK bisa dicegah. Apalagi, kata dia, dalam waktu dekat akan memasuki Hari Raya Idul Adha, tentunya banyak warga Muslim yang membeli hewan untuk dijadikan kurban.

"Kami minta Dinas Pertanian dan Pangan melakukan pengecekan kesehatan setiap hewan kurban. Sebelum disembelih dipastikan kondisinya sehat dan bebas PMK," ujarnya.

Ia berharap, petugas keliling ke kampung-kampung untuk melakukan pengecekan, termasuk hewan kurban di masjid-masjid harus dipastikan sehat. Meskipun jumlah personel terbatas, dia berharap, bisa dicarikan solusi agar umat Muslim bisa menjalankan ibadah kurban dengan lancar.

Populasi hewan ternak di Kudus mencapai 50.369 ekor, baik sapi, kerbau, kambing, maupun domba.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement