Senin 11 Jul 2022 16:55 WIB

Jelang Paragames 2022, Kemenhub Sediakan 130 Transportasi Khusus Atlet

Kendaraan sudah disiapkan disesuaikan dengan kebutuhan atlet disabilitas.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Kemenhub melakukan uji coba dan pengecekan transportasi untuk para atlet Paragames 2022, Senin (11/7/2022).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Kemenhub melakukan uji coba dan pengecekan transportasi untuk para atlet Paragames 2022, Senin (11/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengecekan sarana tranportasi untuk menyukseskan gelaran Asean Paragames 30 Juli-6 Agustus 2022. Setidaknya 130 kendaraan yang sudah dimodifikasi akan disiapkan sejak 23 Juli 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengatakan, transportasi khusus atlet pengguna kursi roda akan disiagakan mulai 23 Juli sampai 7 Agustus. Selain itu, jumlah kendaraan sudah melingkupi seluruh atlet.

"Kita menyiapkan 130 kendaraan untuk atlet-atlet Paragames di Solo dan sudah saya hitung tadi. Insya Allah semua bisa mencukupi jumlah atlet untuk Solo serta event-event pertandingan yang bisa diikuti," katanya, Senin (11/7/2022).

Hendro mengatakan bahwa kendaraan sudah disiapkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan atlet disabilitas. Selain itu, juga beberapa pengecekan juga sudah dilakukan.

"Jadi kendaraan-kendaraan yang kita siapkan tentunya ramah disabilitas, tadi kami sudah cek di belakang contohnya," katanya.

Selain itu, beberapa evaluasi juga dilakukan agar kendaraan lebih kompatibel dengan atlet disabilitas, khususnya pengguna kursi roda. Beberapa saran dari atlet disabilitas juga dihimpun untuk masukan.

"Saya juga di belakang bersama atlet disabilitas. Mereka memberi saran tentang kendaraan-kendaraan yang ramah disabilitas, agar bisa kita sempurnakan dan tadi sudah cukup baik," ungkap dia.

Selanjutnya ia juga mengatakan  ada 65 kendaraan khusus bagi pengguna kursi roda. Sedangkan, untuk atlet disabilitas lainnya sudah disiapkan fisiknya.

"Kita siapkan fisik untuk penyandang disabilitas lainnya sedangkan yang menggunakan kursi roda kita siapkan 65 kendaraan masing-masing dengan empat atlet per kendaraan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement