Selasa 12 Jul 2022 16:17 WIB

Berlaga di Provinsi, Pemkot Solo Lepas 248 Kontingen Popda

Lokasi multi event Popda Provinsi berlangsung di tiga tempat berbeda.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Sebagian atlet dan pelatih kontingen Popda Kota Solo yang akan bertanding dalam ajang Popda Jateng.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Sebagian atlet dan pelatih kontingen Popda Kota Solo yang akan bertanding dalam ajang Popda Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemkot Solo melepas keberangkatan atlet dan pelatih kontingen Pekan Olahraga Daerah (Popda) Kota Solo yang berlangsung di Pendhapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Pemberangkatan para atlet yang bakal berlaga di ajang Popda Jateng tersebut dilakukan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa pada Selasa (12/7/2022).

Teguh Prakosa memberangkatkan 305 orang dari kontingen Popda Kota Solo. Terdiri dari 248 atlet dan 57 pelatih. "Hari ini atletnya berjumlah 305 orang. Dengan perinciannya 248 atlet yang terdiri dari 147 putra dan 101 putri beserta 57 pelatih untuk mengikuti 149 nomor cabor (cabang olahraga) dari 157 nomor cabor yang tersedia," kata Teguh dalam sambutan pemberangkatan.

Lokasi multi event Popda Provinsi akan berlangsung di tiga tempat berbeda. Di antaranya adalah Semarang, Pati, dan Kudus. "Nanti dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Semarang dengan 158 nomor cabor kemudian Pati dan Kudus dengan masing-masing satu nomor cabor," katanya.

Ia lantas mengimbau para kontingen harus tetap menjaga protokol kesehatan. Pasalnya, agar atlet dapat berjuang dengan maksimal demi menorehkan prestasi.

 

“Di tengah pandemi Covid-19, untuk menjamin kesehatan sebagai atlet. Anak-anak harus benar-benar menjaga protokol kesehatan selama berada di Semarang, Pati, maupun Kudus agar dapat berjuang secara maksimal,” ujarnya.

Selanjutnya setelah dilakukan upacara, para anggota kontingen diberangkatkan menggunakan kendaraan bus yang berjumlah empat unit untuk kemudian mengikuti pembukaan di GOR Jatidiri Semarang.

“Atas nama Pemerintah Kota Solo mengucapkan selamat berjuang, selamat menunaikan tugas dan jaga nama baik almamater sekolah dan Kota Solo," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan agar para atlet berdoa sesuai keyakinannya masing-masing sebelum pertandingan. Harapannya dapat diberi kelancaran dan membawa pulang medali.

"Tetap berdoa sebelum bertanding, berdoa kepada Tuhan agar diberi kekuatan dan kesehatan supaya dapat memenangkan setiap pertandingan dan menjadi juara umum Popda Provinsi Jateng untuk Kota Solo,” imbuhnya.

Popda Jateng akan mempertandingkan 36 cabor, terdiri dari 24 cabor resmi dengan 124 nomor lomba, tiga cabor mandiri dengan 22 nomor lomba, dan lima cabor eksebisi dengan 14 nomor lomba.

"Dari semua cabor tersebut merebutkan total 697 medali. Terdiri dari 194 medali emas, 194 medali perak, dan 309 medali perunggu," ungkap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Solo, Joni Hari Sumantri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement