Senin 18 Jul 2022 16:59 WIB

Jadi Tuan Rumah, Menpora Targetkan Indonesia Juara Umum Paragames

Banyak dukungan yang membuat persiapan ajang ini berjalan dengan lancar.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan peninjauan serta kunjungan pada atlet Paragames yang berlatih, Senin (18/7/2022).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan peninjauan serta kunjungan pada atlet Paragames yang berlatih, Senin (18/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menargetkan Indonesia kembali menjadi juara umum di ajang ASEAN Paragames XI 2022. Sebab, bermain di kandang memberikan kesempatan lebih besar untuk Indonesia karena sudah mengetahui medan.

Hari ini, Zainudin bersama dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, meninjau beberapa venue yang akan digunakan dalam ASEAN Paragames. Dalam tinjauan tersebut ia mengatakan bahwa para atlet telah siap, bahkan ia sudah melaporkan hal tersebut kepada Presiden sejak dua hari lalu.

“Saya sudah melaporkan kepada Presiden bahwa atlet kami sudah siap tanding dengan target juara umum,” katanya pada Senin, (18/7/2022).

Zainudin juga mengatakan para atlet sebenarnya mempunyai keuntungan tersendiri. Sebab para, atlet bermain di negara sebagai tuan rumah.

“Atlet harus bisa menghasilkan banyak medali di tempat sendiri, karena sebelumnya pernah jadi juara umum juga di tempat lain. Masak di tempat sendiri tidak bisa,” katanya.

Walaupun, Zainudin menerangkan, persiapan untuk ASEAN Paragames dilakukan secara mendadak. Namun ia mengatakan Indonesia sudah berpengalaman karena sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah.

“Walaupun kita secara mendadak, kalau saya sampaikan mendapat kesempatan ini tetapi karena kita sudah terbiasa melakukan pekerjaan menjadi tuan rumah event seperti ini sehingga tidak ada terlalu susah buat Indonesia,” ujarnya.

Menurut Zainudin banyak dukungan yang membuat persiapan ajang ini berjalan dengan lancar. Sehingga ia lebih yakin bahwa Indonesia bisa kembali menjadi juara umum.

“Tentu bantuan dan dukungan dari BUMN, NPC. Serta pemangku kepentingan yang ada di Solo dan Irama lain-lain yang diberi tugas untuk membantu menyelesaikan secara terstruktur untuk pertandingan ASEAN Paragames. Setelah kunjungan tadi, saya kira ini menjadi penambah optimisme menjadi penyelenggara yang baik dan juga prestasinya,” tegas dia.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, juga mengatakan persiapan venue sudah sangat siap. Begitu pula dengan kesiapan para atlet yang akan bertanding

Alhamdulillah sudah sangat siap sekali para atlet juga sudah sangat siap ini kita sekarang fokus untuk melatih para volunteer dan juga persiapan untuk opening ceremony nanti dan juga persiapan untuk menyambut kedatangan para atlet dan kontingen di tanggal 26 nanti,” katanya.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi juara umum di gelaran terakhir ASEAN Paragames 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada saat itu, Tim Garuda meraih 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement