Selasa 19 Jul 2022 19:52 WIB

PB PASI Gelar Kejurnas Atletik 2022 di Semarang

Kali pertama dalam 40 tahun Kejurnas Atletik dihelat di luar Jakarta.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Kejurnas atletik (ilustrasi).
Foto: ANATRA FOTO/Wahyu Putro A
Kejurnas atletik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik yang dua tahun absen akibat pandemi bakal dihelat kembali pada tahun 2922 ini. Untuk kali pertama setelah 40 tahun, pelaksanaan Kejurnas Atletik ini akan dilaksanakan di luar DKI Jakarta, yakni di Kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, pada 6 hingga 11 Agustus 2022 mendatang.

Kepastian ini disampaikan oleh Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/7). Menurutnya, PB PASI telah memilih Jawa Tengah sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Atletik 2022.

Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah setelah 40 tahun lebih penyelenggaraan Kejurnas Atletik selalu digelar di Jakarta. "Jawa Tengah merupakan salah satu ‘gudang’ atlet nasional, salah satunya Suryo Agung Wibowo yang pernah menjuarai SEA Games dengan catatan waktu terbaiknya 10,7 detik di nomor lari 100 meter," jelasnya.

Jawa Tengah, lanjut Tigor, juga termasuk provinsi di tanah air yang sangat aktif dalam melakukan pembinaan atletik bertalenta. Sehingga ini menjadi beberapa alasan mengapa PB PASI akhirnya memilih Kota Semarang Sebagai venue kejurnas atletik ini.

 

Secara resmi, penyelenggaraan Kejurnas Atletik tahun ini akan dilaksanakan mulai 6 hingga 11 Agustus 2022, di Stadion Tri Lomba Juang, Kota Semarang. Terkait hal ini, Tigor juga mengungkapkan, penyelenggaraan di Kota Semarang mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Karena pak gubernur juga yang akan mendukung kami, tentu saja masyarakat di Kota Semarang dan Jawa Tengah secara umum bisa datang melihat atlet nasional bertanding," katanya.

Kejurnas Atletik di Semarang, masih jelas Tigor bakal mempertandingkan tiga kategori yaitu U-18, U-20 dan kategori senior. "Sebanyak 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia akan ikut serta dalam kejuaraan nasional ini dan bertanding pada 124 nomor yang diperlombakan," katanya menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi rencana PB PASI yang akan membawa Kejurnas Atletik 2022 ke Jawa Tengah. Menurutnya, kejuaraan ini bakal menarik karena hampir dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

Gubernur pun optimistis dengan event olahraga yang terus bersambung diselenggarakan akan meningkatkan semangat para atlit terhadap olahraga dan prestasi. "Jadi kalau kemarin teman-teman dari SoINA membuat acara, hari ini Popda (selesai), besok PASI membuat kejurnas ini menurut saya, kecintaan pada olahraga juga akan bangkit," katanya.

Nantinya, lanjut Ganjar, panitia Kejurnas Atletik 2022 juga akan menggelar pameran UMKM di lingkungan venue Stadion Tri Lomba Juang. Hal ini juga menjadi Kegiatan yang mesti didukung penuh agar ekonomi khususnya pelaku UMKM juga makin menggeliat. Gubernur juga berharap kejuaraan ini juga akan memberikan semangat baru kepada seluruh atlit yang ambil bagian.

"Semoga bisa membangunkan mereka dari tidur karena kemarin tidak bisa bertanding dan para atlit akan bersemangat kembali untuk bertanding menjadi yang terbaik. Nanti akan kita tonton," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement