Rabu 20 Jul 2022 18:36 WIB

UNS Gandeng Persis Solo untuk Win Win Solution

Kaesang mengatakan akan membuka kesempatan mahasiswa UNS untuk bergabung.

Rep: c02/ Red: Fernan Rahadi
Skuad Persis Solo saat melawan Persik Kediri di Stadion Wilis, Kota Madiun, Jawa Timur.
Foto: Dokumen
Skuad Persis Solo saat melawan Persik Kediri di Stadion Wilis, Kota Madiun, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan klub sepak bola Persis Solo. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho beserta Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep di Ruang Rektor UNS, Rabu (20/7/2022). 

Jamal mengatakan bahwa banyak hal yang menjadi poin dalam kerja sama ini yang menguntungkan kedua belah pihak atau win win solution. Mulai dari program kepelatihan serta pembinaan bakal atlet hingga stadion yang bisa digunakan untuk tim Sambernyawa itu.

“Kita kan punya Fakultas Keolahragaan (FKOR), nanti bisa kerja sama misal cara mengelola proses pembibitan atlet dari usia dini. Termasuk juga program-program kepelatihan lainnya. UNS kan juga punya stadion dengan kualitas rumput standar internasional, nanti bisa digunakan PERSIS untuk latihan,” kata Jamal dari siaran pers, Rabu (20/7/2022).

Selain itu, Jamal menerangkan bahwa kerja sama tersebut melingkupi beberapa aspek. Mulai dari magang mahasiswa, kolaborasi penyelenggaraan turnamen hingga kompetisi.

“Tadi kan dari Persis juga menawarkan untuk magang mahasiswa dan kegiatan-kegiatan lain yang bisa melibatkan mahasiswa. Termasuk kolaborasi penyelenggaraan turnamen karena FKOR UNS juga sudah terbiasa mengadakan event-event nasional dan internasional,” katanya.

Jamal berharap agar kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar hingga masa kerja sama tersebut berakhir. Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan berupa magang mahasiswa, pemanfaatan sarana dan prasarana, kolaborasi kegiatan, dan pertukaran tenaga ahli.

“Harapan kami, kegiatan MBKM misal magang merdeka bisa terealisasi dengan Persis Solo. Termasuk dosen-dosen kita juga bisa membantu di sana. Selain itu, Persis solo juga bisa mendatangkan mereka yang terjun pada dunia profesional manajemen persepakbolaan untuk menjadi dosen tamu di UNS,” katanya.

Kaesang Pangarep selaku direktur Persis Solo mengatakan bahwa pihaknya akan membuka kesempatan bagi mahasiswa UNS untuk bergabung bersama dalam mengembangkan Persis Solo.

“Nantinya, mungkin akan kami adakan challenge, misal membuat business plan Persis Solo dan sebagainya. Mumpung saat ini buat masuk (magang) ke Persis Solo belum susah karena ibaratnya kami masih mulai merintis ulang,” tutur Kaesang.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement