Selasa 26 Jul 2022 15:08 WIB

Ini Jadwal Kedatangan Jamaah Haji DIY

Jamaah akan menuju Asrama Haji Donohudan langsung ke Aula Jeddah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jamaah haji asal DIY sebentar lagi akan pulang dari Tanah Suci. Untuk mengantisipasi itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo telah menyusun prosedur kedatangan jamaah saat mendarat di Tanah Air.

Mulai di Bandara Adisumarmo Solo, Asrama Haji Donohudan, dan ketika penjemputan oleh PPIH masing-masing kabupaten/kota. Begitu mendarat di Bandara Adisumarmo Solo, dilakukan pengumpulan paspor kolektif oleh ketua kloter kepada Imigrasi.

Kemudian, proses x-ray koper oleh pihak Bea Cukai. Wakil Sekretaris I PPIH Solo dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY, Nadhif mengatakan, proses pengambilan tas tenteng dilakukan oleh jamaah dari pesawat.

"Jamaah kemudian masuk bus sesuai rombongan masing-masing. Sementara, jika ada jamaah yang sakit, evakuasi menggunakan ambulance PPIH Debarkasi," kata Nadhif, Selasa (26/7/2022).

Selanjutnya, jamaah akan menuju Asrama Haji Donohudan langsung ke Aula Jeddah. Nadhif menekankan, di sinilah akan dilakukan proses pemeriksaan screening Covid-19 berupa swab antigen dan penyerahan Kartu Pengendalian Kesehatan.

Ia menuturkan, hasil swab akan diketahui kurang lebih empat menit. Menurut Nadhif, bagi jamaah yang negatif dapat langsung menuju Aula Muzdalifah. Prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah selanjutnya dilakukan di Aula Muzdalifah.

Di sana, jamaah dapat mengambil tas tenteng di depan Gedung Muzdalifah, lalu masuk gedung dengan membawa tas tenteng. Selain itu, Nadhif menerangkan, jamaah berkesempatan pergi ke toilet dan melaksanakan shalat wajib bagi yang belum.

"Jamaah akan menerima snack dan mengikuti seremonial penyerahan jamaah. Mereka juga kami beri kesempatan belanja dan mengambil pesanan oleh-oleh," ujar dia.

Setelah itu, jamaah naik bus dipandu PPIH masing-masing. Pembagian koper dikondisikan PPIH masing-masing. Untuk jadwal kedatangan jamaah haji DIY: kloter 18 SOC (Sleman) 28 Juli 2022 mendarat 12.15 WIB. Kloter 19 SOC (Bantul) 28 Juli 2022 pada 16.50 WIB.

Kemudian, Kloter 20 SOC (Yogyakarta, Kulonprogo, Bantul) 29 Juli 2022 pada 22.15 WIB. Kloter 21 SOC (Gunungkidul, Sleman) 30 Juli 2022 pada 06.30 WIB. Kloter 43 SOC (Sleman, Tegal, Purbalingga, Pekalongan) 14 Agustus 2022 pada 07.45 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement