Selasa 02 Aug 2022 19:38 WIB

Wali Kota Surabaya Apresiasi Lukisan Karya Penyandang Disabilitas

Pemerintah Kota Surabaya tengah mendata jumlah disabilitas di daerah setempat.

Wali Kota Surabaya Apresiasi Lukisan Karya Penyandang Disabilitas (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Wali Kota Surabaya Apresiasi Lukisan Karya Penyandang Disabilitas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi hasil karya lukisan penyandang disabilitas, Rizky Gusti Priambodo (18 tahun) saat dipamerkan di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

"Wah keren, bagus sekali lukisannya, top buat Rizky," kata Wali Kota Eri Cahyadi kepada Rizky, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Wali Kota Eri tidak henti-hentinya memberikan pujian untuk Rizky. Bahkan, untuk memberikan semangat kepada Rizky agar terus mencintai dunia seni lukis, Eri dan Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani juga memberikan hadiah berupa peralatan untuk melukis.

Menurut Eri, saat ini Pemerintah Kota Surabaya tengah mendata jumlah disabilitas di daerah setempat. "Saat ini, kami tengah mempersiapkan satu tempat sebagai ajang berkumpulnya para disabilitas di Surabaya," kata Eri.

 

Eri menjelaskan selain melakukan pendataan, pemkot juga tengah menyiapkan tempat yang rencananya digunakan sebagai tempat berkumpulnya semua komunitas disabilitas. Tempat tersebut dipergunakan untuk berlatih keterampilan, kesenian, hingga tempat berkumpulnya komunitas disabilitas pecinta dunia olahraga.

"Sebab, saya berpikir, jika mereka telah lulus sekolah, diperlukan tempat yang digunakan untuk mewadahi potensi keterampilan disabilitas. Jadi, nanti ada kelas melukis, memasak, menjahit, musik, dan sebagainya," kata dia.

Hal sama juga dikatakan Ketua TP PKK Rini Indriyani. Dia mengatakan, meski memiliki keterbatasan, Rizky memiliki semangat yang tinggi. "Alhamdulillah, Rizky antusias sampai mengenakan dasi yang senada dengan kemejanya. Nanti kami akan asah dengan bimbingan dari Pemkot Surabaya, tapi tidak hanya untuk Rizky saja, melainkan untuk seluruh disabilitas yang memiliki potensi," kata istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini.

Rini menjelaskan pendampingan kepada anak-anak disabilitas akan terus dilakukan, seperti anak-anak yang memiliki potensi melukis, fotografi, musik dan lainnya. Sebab, potensi yang dimiliki akan diwadahi oleh Pemkot Surabaya.

"Wali Kota tengah menyiapkan gedung, nanti menjadi Graha Anak Istimewa. Artinya, potensi anak-anak istimewa ini ditampung, karena jika mereka bertemu dengan sesama sudah tidak minder lagi dan saling menguatkan," ujar dia.

Ditemui di lokasi yang sama, ibunda Rizky, Sumarti mengatakan bahwa sang putra antusias untuk bertemu dengan Wali Kota Eri dan Ketua TP PKK Rini Indriyani. Sebab, sejak semalam Rizky tidak ingin terlambat untuk datang dan bertemu dengan Wali Kota Eri Cahyadi.

"Rizky senang bisa mendapat semangat dari Wali Kota Eri Cahyadi dan ibu Rini secara langsung. Bahkan, sampai saat ini sudah lebih dari 50 lukisan yang telah dibuat oleh Rizky dan sudah mengikuti beberapa pameran seni lukis, khususnya di kawasan wisata Alun-Alun Kota Surabaya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement