Jumat 19 Aug 2022 20:53 WIB

Wali Kota Surabaya Beri Solusi Soal Air PDAM Kurang Jernih

Memastikan di tahun 2023 seluruh Kota Surabaya sudah teraliri air PDAM.

Wali Kota Surabaya Beri Solusi Soal Air PDAM Kurang Jernih (ilustrasi).
Foto: Wordpress
Wali Kota Surabaya Beri Solusi Soal Air PDAM Kurang Jernih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan solusi terkait keluhan warga mengenai air PDAM yang kurang jernih di acara Ngobrol Santai (Ngobras) di Graha UnesaKota Pahlawan, Jatim, Jumat (19/8/2022).

Salah seorang warga Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Widodo pada awalnya mengeluhkan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang kurang jernih di wilayahnya.

Baca Juga

"Kenapa ya pak? Akhir-akhir ini air di wilayah kami itu kurang jernih (keruh), sehingga banyak warga yang mengeluh. Sebentar bening, besoknya keruh lagi, mohon solusinya," kata Widodo yang juga Kader Surabaya Hebat (KSH) itu.

Menanggapi pertanyaan Widodo, Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri ini mengakui dan merasakan hal yang sama seperti yang dialami warga Kelurahan Lontar tersebut.

"Ini air PDAM ya pak? Alhamdulillah, air di rumah saya juga kurang jernih," kata Cak Eri disambut gelak tawa ribuan KSH yang hadir di acara tersebut.

Setelah itu, Cak Eri mengatakan, sebelumnya sempat bertemu dengan Direktur Utama PDAM Surya Sembada Arief Wisnu Cahyono. Pada pertemuan itu, Cak Eri berdiskusi bersama Arief membicarakan soal rencana di tahun 2023.

Rencana itu adalah memastikan di tahun 2023 seluruh Kota Surabaya sudah teraliri air PDAM. Sehingga nantinya wilayah yang belum teraliri air PDAM, khususnya di wilayah barat dipastikan sudah berjalan lancar.

"Jadi bukan hanya di wilayah Lontar, di Benowo dan Pakal itu terkadang air PDAM-nya keluar di jam 11 malam. Kadang tidak keluar sama sekali," ujar dia.

Cak Eri memohon kepada Widodo untuk bersabar karena saat ini pihaknya bersama Dirut PDAM Surya Sembada sudah memetakan wilayah mana saja yang belum teraliri dan terhambat aliran airnya.

Dia juga menyampaikan, PDAM Surya Sembada hingga kini terus melakukan berbagai upaya percepatan demi mewujudkan target "2023 Semua Terlayani Air". Salah satu yang dilakukannya adalah terus memperbanyak program master meter.

Pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729 lalu, Cak Eri juga sempat meresmikan tujuh master meter yang tersebar di beberapa titik di Kota Pahlawan.

Secara simbolis, Cak Eri meresmikan master meter itu di Jalan Karangan gang 5, Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, pada 30 Meli lalu. Peresmian itu sekaligus menandai diresmikannya enam master meter lainnya.

"Terima kasih ya pak sudah diinformasikan, kami sedang bekerja keras untuk menyelesaikan masalah air yang kurang jernih ini," kata Cak Eri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement