Senin 05 Sep 2022 16:20 WIB

Pra Muktamar 48, UMP-UMY Gowes Bareng Kampanye Gaya Hidup Sehat

UMP sering mengadakan jalan sehat dan bersepeda sejak 2017.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Tim Gowes UMP dan UMY dalam rangka semarak Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 bersepeda di Purwokerto.
Foto: UMP Purwokerto
Tim Gowes UMP dan UMY dalam rangka semarak Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 bersepeda di Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Dalam rangka semarak Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Gunawan Budiyanto mengadakan kegiatan gowes bareng untuk mengampanyekan gaya hidup sehat, di Purwokerto.

Dari hasil pemantauan, rute sepeda dimulai dengan start dari UMP ke kiri, perempatan Dukuhwaluh lurus, Jalan Martadireja perempatan roda mas ke kiri, dan pertigaan Kaliputih belok kanan lurus masuk Jalan Jendral Soedirman ambil kiri, sampai di menara pandang Purwokerto.

Selanjutnya, dari menara pandang keluar menuju Jalan Jendral Soedirman kiri Alun-alun Purwokerto selanjutnya gada rujak polo kanan jalur stasiun sampai tugu rantai lurus dan finish di UMP. Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, ini menjadi lawatan yang sangat keren di mana civitas UMY mengunjungi UMP.

“Mudah-mudahan kami dan kita terkoneksi dengan konsep green kampus. Selamat datang teman-teman goweser dari UMY. Ini kampus persyarikatan amal usaha kita bersama," ujar dia.

 

Ia menuturkan bahwa UMP sering mengadakan jalan sehat dan bersepeda sejak 2017. Menurutnya, hadirnya tim UMY semakin menyemangati UMP untuk mengampanyekan gaya hidup sehat.

Lebih lanjut rektor UMP mengatakan hidup itu harus sehat, bahagia, dan gembira. Hal itu bisa diperoleh melalui bersepeda.

“Mudah-mudahan sehat untuk kita semua, kampus persyarikatan kita ke depan itu menjadi kampus yang betul-betul green dan keluarga besarnya juga sehat sejahtera,” kata Dr Jebul.

Sementara itu, Rektor UMY Prof Gunawan Budiyanto mengatakan tim gowes UMY ke UMP merupakan momen untuk memasyarakatkan salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kesehatan lingkungan melalui kegiatan yang bernuansa hijau.

"Kita beri nama grind connection, karena nanti kita berharap, di setiap perguruan tinggi Muhammadiyah itu ada satu team work, yang consent terhadap kehidupan hijau,” jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut Gunawan, kegiatan ini akan terkoneksi dengan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah, agar bisa membagikan dan melaksanakan banyak kegiatan yang bernuansa lingkungan.

“Nah, mudah-mudahan penerimaan yang bagus dari rektor dan seluruh civitas akademika UM Purwokerto memberikan suntikan semangat buat kami untuk selalu menggelorakan kembali tentang isu green leave yang ada di dalam paket SDGs,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement