Senin 05 Sep 2022 16:24 WIB

Aksi Dieng Lestari Sukses Pecahkan Rekor MURI

Patroli kebersihan diikuti seluruh peserta DCF 2022 secara sukarela.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Aksi minum bersama Purwaceng yang merupakan minuman khas Dieng oleh 1.116 peserta Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, pada hari Jumat (2/9/22).
Foto: Dok. BI Purwokerto
Aksi minum bersama Purwaceng yang merupakan minuman khas Dieng oleh 1.116 peserta Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, pada hari Jumat (2/9/22).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA - Sebanyak 1.116 peserta yang berasal dari berbagai kalangan mengikuti Aksi Dieng Lestari, sebagai bagian dari Dieng Culture Festival (DCF) XIII 2022. Pada aksi tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto bersama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa dan seluruh peserta kegiatan juga menggelar agenda pemecahan rekor MURI berupa aksi minum bersama 1.116 purwaceng yang merupakan minuman khas Dieng.

Aksi Dieng Lestari digelar dalam bentuk patroli kebersihan yang dilakukan di rute utama Dieng Culture Festival (DCF) XIII  2022. Patroli kebersihan diikuti seluruh peserta secara sukarela menggunakan peralatan kebersihan yang dibawa secara mandiri oleh masing-masing peserta.

Diawali dari venue Panggung Arjuna yang sekaligus merupakan titik kumpul 1.116 peserta Aksi Dieng Lestari, patroli dilanjutkan menuju ke pertigaan minimarket Dieng, pertigaan Aswatama, venue Panggung Pandawa, dan berakhir kembali di Panggung Arjuna.

Kepala Perwakilan BI Purwokerto Rony Hartawan menjelaskan, selain menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan destinasi wisata yang bersih dan lestari, Aksi Dieng Lestari yang dilanjutkan dengan kegiatan opening ceremony juga menjadi wadah pemecahan rekor MURI berupa aksi minum bersama 1.516 purwaceng.

Purwaceng merupakan minuman berbahan tanaman organik khas Dieng yang diyakini dapat meningkatkan kebugaran dan memberikan kehangatan, sehingga sangat cocok untuk diminum oleh para peserta usai berkegiatan.

"Pemecahan rekor ini sekaligus menandai semangat kebersamaan dalam mewujudkan Dieng sebagai destinasi wisata yang inklusif dan mendukung implementasi green economy yang berkelanjutan," ujar Rony Hartawan di acara DCF 2022.

Sebagai wujud apresiasi sekaligus sinergi program dan wadah komunikasi kebijakan, Kantor Perwakilan BI Purwokerto menyelenggarakan kuis berhadiah pada akhir sesi Aksi Dieng Lestari. Kuis berhadiah ini merupakan bagian dari inovasi edukasi pembayaran nontunai QRIS kepada masyarakat dan merupakan wujud akselerasi destinasi pariwisata berbasis digital.

Beberapa hadiah menarik disiapkan oleh Kantor Perwakilan BI Purwokerto untuk menarik minat peserta pada Aksi Dieng Lestari sekaligus menjadi penyemangat usai patroli kebersihan.

Aksi Dieng Lestari dihadiri oleh kepala Unit Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Syariah KPwBI Purwokerto, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, camat Batur, dan kapolsek Batur Banjarnegara. Aksi Dieng Lestari ditutup dengan pertunjukan Tari Angguk Desa Dieng Wetan serta pertunjukan Barongsai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement