Senin 12 Sep 2022 10:51 WIB

Sidak Pasar, Mendag Temukan Harga Ayam Potong Masih Beratkan Peternak

Pada level peternak harga ayam potong berkisar Rp 15 ribu-16 ribu per kilogram.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Pedagang ayam potong melayani pembeli (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pedagang ayam potong melayani pembeli (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menemukan harga daging ayam yang belum berpihak kepada peternak saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan menemui sejumlah pedagang dan warga di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Zulkifli mengungkapkan, hampir tiap hari dirinya memonitor harga berbagai komoditas kebutuhan sehari-hari. Di pasar Karangayu tersebut, kata dia, harga daging ayam masih cukup stabil, yakni Rp 35 ribu per kilogram.

Hanya masih ada masalah khususnya di level peternak karena harga ayam potong tetap berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu per kilogram, pada saat harga konsumen daging ayam di pasar di angka Rp 35 ribu per kilogram.

“Jadi ada masalah di situ dan kita akan selsesaikan agar para peternak tidak merugi atau bangkrut. Karena harga di tingkat pedagang saja bisa stabil mencapai Rp 35 ribu per kilogram," ungkapnya, Ahad (11/9/2022) pagi.

Di luar harga daging ayam, Zulkifli juga mengecek sejumlah komoditas kebutuhan pokok lainnya, seperti bawang yang harganya Rp 30 ribu per kilogram dan disebutnya sudah sangat terjangkau.

Kemudian cabai harganya kembali naik sedikit sekarang Rp 60 ribu per kilogram. Tetapi relatif lebih terjangkau jika dibandingkan beberapa waktu lalu saat harga cabai sempat menembus di atas Rp 100 ribu per kilogram.

Kemudian, lanjut Zul, harga telur ayam ras juga sudah turun. Berdasarkan penjelasan pedagang saat ini harga eceran telur ayam ras di angka Rp 27 ribu per kilogram.

Kalau di Jakarta masih Rp 29 ribu per kilogram, karena ada ongkos kirim yang jauh. di Jakarta telur ayam ini rata- rata disuplai dari daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau Jawa Tengah dari Kendal Sementara kalau Jawa Timur dari Blitar.

Maka ada biaya transportasi yang dikeluarkan, sehingga harga telur di Jakarta masih Rp 29 ribu per kilogram. Karena itu harga telur ayam di Semarang dan di Jakarta berbeda dan ada selisih hingga Rp 2.000 per kilogram.

Meskipun demikian, lanjut Zulkifli, kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat secara umum masih stabil. Hal ini juga akan dipantau terus. "Tadi yang agak naik katanya harga beras," ujarnya.

Terkait hal ini, Zul bakal berkoordinasi dengan Bulog agar ada operasi pasar. "Saya kira itu catatan dari kunjungan di pasar Karangayu ini," katanya.

Zulkifli menambahkan, kalau di daerah ada komoditas pokok yang harganya naik misalnya lebih dari 5 persen, maka sebagaimana disampaikan Presiden RI, pemerintah akan membantu subsidi transportasinya ke kabupaten.

Maka bupati, wali kota dan gubernur, kalau ada barang atau komoditas kebutuhan pokok yang harganya naik di atas 5 persen, nanti dibantu trasnportasinya. Sehingga harganya bisa turun kembali.

“Ini harus menjadi perhatian  karena ini menyangkut kebutuhan sehari- hari sehingga jangan sampai kurang atau menjadi bergejolak karena harganya yang melambung," kata Zul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement