Senin 12 Sep 2022 22:29 WIB

Bangun Kesadaran Kesehatan Gigi, 2100 Anak SD Purbalingga Ikuti Sikat Gigi Massal

BIAS Kabupaten Purbalingga ditarget dapat mengimunisasi sebanyak 38.681 anak sekolah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bangun Kesadaran Kesehatan Gigi, 2100 Anak SD Purbalingga Ikuti Sikat Gigi Massal (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Bangun Kesadaran Kesehatan Gigi, 2100 Anak SD Purbalingga Ikuti Sikat Gigi Massal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, Pemkab Purbalingga melalui Dinkes dan Dindikbud kerjasama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Purbalingga mengadakan kegiatan Sikat Gigi Bersama, Senin (12/9/22) di Objek Wisata Sanggaluri Park. Sikat Gigi bersama ini diikuti sekitar 2100 anak pelajar SD/MI se-Kecamatan Kutasari, Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan melalui kegiatan bertujuan membangun kesadaran di momentum HKGN agar masyarakat dan generasi muda lebih memperhatikan kesehatan gigi, khususnya bagaimana menyikat gigi yang benar.

Baca Juga

"Karena tentunya bermula dari area mulut ini sepanjang kita bisa menjaga kesehatannya InshaAllah kesehatan organ lain akan terjaga. Kalau gigi kita infeksi itu juga akan menjalar ke organ yang lain," kata Bupati Tiwi.

Menjaga kesehatan gigi, menurutnya penting untuk disadari masyarakat. Caranya yakni rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari. Selain itu juga rajin periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali ini.

"Kegiatan ini kami gagas dalam rangka anak-anak Purbalingga ke depan selalu sehat dan membangun generasi emas Indonesia," katanya.

Selain Sikat Gigi Bersama, di kegiatan yang sama juga dilakukan percepatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) melalui tanda tangan komitmen. Setelah anak-anak sekolah di Purbalingga mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak 2 dosis, bulan September ini mereka juga harus mensukseskan BIAS ini.

"Oleh karenanya kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sukseskan bersama BIAS supaya hasilnya Paripurna di Kabupaten Purbalingga dan anak-anak kita selalu sehat," ajak Bupati.

Seperti yang diketahui, BIAS Kabupaten Purbalingga ditarget dapat mengimunisasi sebanyak 38.681 anak sekolah Kelas 1, 2 dan 5 SD. Diantaranya anak Kelas 1 sebanyak 16.165 siswa dan Kelas 2 sebanyak 14.624 siswa, mereka mendapatkan vaksin MR. Sedangkan siswa Kelas 5 mendapat vaksin HPV.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement