Kamis 15 Sep 2022 23:07 WIB

Bawaslu Purworejo Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

Tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sejak 14 Juni 2024.

Bawaslu Purworejo Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan (ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Bawaslu Purworejo Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOREJO -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, membuka pendaftaran seleksi panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) kecamatan untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Purworejo Abdul Azis mengatakan bahwa pendaftaran selama 7 hari, mulai 21 hingga 27 September 2022.

Baca Juga

Seleksi tersebut akan memilih tiga orang untuk menjabat sebagai anggota panwaslu kecamatan. Mereka akan bertugas melakukan pengawasan di semua tahapan Pemilu 2024.

Disebutkan pula bahwa total anggota panwaslu kecamatan yang akan dipilih sebanyak 48 orang yang tersebar di 16 kecamatan.

"Kami berharap putra/putri terbaik Purworejo bisa ikut berpartisipasi dalam seleksi tersebut demi mengawal pesta demokrasi pada tahun 2024," katanya, Kamis (15/9/2022).

Abdul Azis menyampaikan syarat untuk bisa menjadi panwaslu kecamatan, antara lain, minimal berusia 25 tahun, pendidikan terakhir SMA/sederajat, berdomisili di Kabupaten Purworejo, dan tidak tergabung dengan partai politik.

Informasi tentang pengumuman pendaftaran panwaslu kecamatan beserta ketentuan lebih lanjut, kata dia, masyarakat dapat melihat pada laman purworejo.bawaslu.go.id/bawaslumemanggil.

Ditegaskan pula bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sejak 14 Juni 2024. Saat ini tahapan pemilu sudah memasuki tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024.

Menurut dia, keberadaan panwaslu kecamatan sangat strategis dalam melakukan pengawasan tahapan tersebut, terutama pada saat verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Dalam seleksi nanti, dia berharap terpilih 48 anggota panwaslu kecamatan yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq mengatakan bahwa pihaknya mencari orang-orang terbaik yang akan mengemban amanat pengawasan, mengingat tingkat kompetisi dan beban tugas penyelenggara Pemilu 2024 makin tinggi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement