Senin 26 Sep 2022 21:32 WIB

KAI Hadirkan Hype Trip KA Taksaka bagi Kaum Milenial

Tersedia pula board game yang bisa dimainkan selama dalam perjalanan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
KAI Hadirkan Hype Trip KA Taksaka bagi Kaum Milenial (ilustrasi).
Foto: Antara/Galih Pradipta
KAI Hadirkan Hype Trip KA Taksaka bagi Kaum Milenial (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- PT KAI (Persero) menghadirkan pelayanan berbeda lewat KA Taksaka Yogyakarta-Gambir (PP) bertajuk Hype Trip: Traveling Feel More Fun. Hype Trip merupakan perjalanan kereta yang memberikan kesan kekinian kepada pelanggan.

Mulai 23 September, perjalanan Taksaka akan mendapat nuansa berbeda mulai menu makanan, permainan, seragam kru dan livery vibes milenial. Dirut KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, Hype Trip diaplikasi ke KA Taksaka sebagai pilot project.

Baca Juga

Sebab, banyak pelanggan KA Taksaka berasal dari Gen Y dan Z. Data menunjukkan Januari-Juni 2022 ada 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka 12-41 tahun. KA Taksaka hubungkan daerah pusat ekonomi dengan destinasi wisata/pendidikan.

Didiek menekankan, kehadiran Hype Trip untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang terus berubah secara dinamis. Untuk itu, KAI menawarkan pengalaman unik dan segar, khususnya bagi kaum milenial yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru.

"Sehingga, dapat lebih menikmati perjalanan kereta apinya," kata Didiek.

Perjalanan KA dengan konsep Hype Trip ini merupakan bagian dari peningkatan layanan KAI dalam rangka menyambut HUT 77 tahun KAI. Yang mana, diperingati setiap 28 September 2022 dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Melalui rebranding KA Taksaka jadi Hype Trip, KAI menyediakan menu makanan dan minuman yang disesuaikan selera kaum milenial. Menu khusus yang ditawarkan ada es kopi susu aren, thai tea, cream soup, tom yum, spaghetti dan chicken katsu.

Lalu, kentang goreng, mie goreng chicken katsu sambal geprek, dimsum, odeng dan lain-lain. Tersedia pula board game yang bisa dimainkan selama dalam perjalanan. Tambahan berupa permainan flash card, jenga block, kartu uno dan ular tangga.

Seragam yang dipakai kru KA didesain unik bergaya milenial. Petugas kondektur yang sebelumnya memakai jas diganti rompi. Petugas prama dan prami yang memakai seragam abu-abu kini jaket bomber dan topi untuk prama dan scarf untuk prami.

"Livery bernuansa Hype Trip diterapkan kepada interior dan eksterior. Livery di lokomotif dan kereta didesain penuh warna. Di bagian interior terpasang tulisan tulisan motivasi untuk menginspirasi dan memberikan semangat kepada pelanggan," ujar Didiek.

Pelanggan masih dapat memanfaatkan wifi gratis sepanjang perjalanan dan layanan EOB berupa konten hiburan. Sehingga, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan.

Kehadiran Hype Trip menunjukkan KAI terus mendengarkan keinginan pelanggan dan memberi inovasi guna meningkatkan pelayanan. KAI menerapkan layanan serupa ke KA-KA lain dan berbagai terobosan unik lain untuk memberi pengalaman berbeda. 

"Kami berharap, layanan baru Hype Trip ini dapat memberikan kesan mendalam bagi pelanggan, sehingga mampu mempertahankan pelanggan setia dan menarik pelanggan baru KAI," kata Didiek. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement